Ada banyak hal yang hanya dapat Anda lakukan melalui CMD, seperti memberikan perintah untuk mengatur masalah jaringan atau bahkan hack password WiFi. Walaupun begitu, CMD tidak berbasis grafis yang artinya kamu harus memasukan perintah agar aplikasi ini berjalan.

Jika Anda menggunakan PowerShell, Anda harus mencatat bahwa semua perintah yang kita bahas dalam artikel ini berfungsi sama di kedua aplikasi baik CMD ataupun PowerShell. Dan jelas, kami tidak mungkin dapat merincikan semua perintah yang dijalankan oleh alat ini. Sebagai gantinya, kami akan merekomendasikan daftar perintah CMD yang sangat berguna, baik dalam jaringan seperti WiFi ataupun untuk hal lainnya seperti menghapus virus pada komputer.

ipconfig: Untuk Menemukan Alamat IP Anda dengan Cepat

ipconfig

Anda dapat menemukan alamat IP Anda dari Control Panel, tetapi dibutuhkan beberapa klik untuk sampai ke sana. Dan tentu tidak efisien. Perintah ipconfig adalah cara cepat untuk menemukan alamat IP komputer Anda dan informasi lainnya, seperti alamat gateway.

Untuk menggunakan perintah, cukup ketik ipconfig di Command Prompt. Anda akan melihat daftar semua koneksi jaringan yang digunakan komputer Anda. Lihat di bawah “Wireless LAN adapter” jika Anda terhubung ke Wi-Fi atau “Ethernet adapter” jika Anda terhubung ke jaringan kabel. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menggunakan perintah ipconfig /all untuk keterangan yang lebih lengkap.

ipconfig /flushdns: Untuk Membersihkan Cache DNS Anda

ipconfig flushdns

Jika Anda mengubah server DNS Anda , efeknya tidak dapat langsung terjadi. Windows menggunakan cache untuk mengingat respons DNS yang pernah diterima gunanya menghemat waktu ketika Anda mengakses lagi alamat yang sama di masa depan. Untuk memastikan Windows mendapatkan alamat dari server DNS baru (alih-alih menggunakan entri lama yang di-cache) jalankan perintah ipconfig /flushdns setelah mengubah server DNS Anda.

ping dan tracert: Mengatasi Masalah Koneksi Jaringan

ping

Jika Anda mengalami masalah koneksi ke situs web atau masalah koneksi jaringan lainnya, Windows dan sistem operasi lain memiliki beberapa alat bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi masalah tersebut .

Pertama, ada perintah ping. Ketik ping idkurir.web.id (atau server Internet apa pun yang ingin Anda uji) dan Windows akan mengirim paket ke alamat itu. Sebenarnya, Anda dapat menggunakan url website atau alamat IP dalam melakukan pengujian. Server di alamat IP (dalam kasus kami, server IDKurir) akan merespons dan memberi tahu Anda bahwa mereka telah menerimanya. Anda dapat melihat apakah ada paket yang tidak sampai ke tujuan — mungkin Anda mengalami kehilangan paket — dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respons — mungkin jaringan sudah jenuh sehingga paket membutuhkan waktu untuk mencapai tujuan mereka.

tracert

Sedangkan perintah tracert digunakan untuk melacak rute yang diperlukan sebuah paket untuk mencapai tujuan dan menunjukkan informasi tentang setiap hop di sepanjang rute. Misalnya, jika Anda menjalankan tracert idkurir.web.id, Anda akan melihat informasi tentang setiap node yang berinteraksi dengan paket dalam perjalanannya untuk mencapai server kami. Jika Anda mengalami masalah saat terhubung ke situs web, tracert dapat menunjukkan kepada Anda di mana masalahnya terjadi.

shutdown: Shortcut untuk Mematikan Komputer

shutdown

Perintah shutdown memungkinkan Anda mematikan atau restart Windows. Memang, itu sebenarnya lebih berguna di Windows 8 (di mana tombol shutdown lebih sulit untuk diakses), tetapi perintah ini masih berguna tidak peduli apa pun versi Windows yang Anda gunakan sekarang. Anda dapat menggunakan perintah untuk membuat pintasan Anda sendiri dan menempatkannya di menu Mulai, desktop, atau bahkan bilah tugas.

Di Windows 8 dan 10, Anda bahkan dapat menggunakan switch khusus untuk menyalakan kembali komputer Anda ke menu opsi mulai lanjut . Untuk menggunakan perintah di CMDt atau saat membuat pintasan, ketikkan salah satu dari yang berikut ini:

shutdown /s /t 0: Melakukan shutdown.
shutdown /r /t 0: Merestart komputer.
shutdown /r /o: Restart komputer ke opsi lanjutan.

sfc /scannow: Memindai File Sistem yang Bermasalah

scannow

Windows menyertakan alat pemeriksa yang memindai semua file sistem di Windows dan mencari penyebab masalahnya. Jika file sistem hilang atau rusak, pemeriksa file sistem akan memperbaikinya. Masalah ini langsung dapat diperbaiki oleh beberaa operasi sistem Windows.

Untuk menggunakan alat ini, silakan buka CMD sebagai Administrator dan jalankan perintah sfc /scannow puntuk melakukan pemindaian.

telnet: Sambungkan ke Server Telnet

telnet

Klien telnet tidak diinstal secara default. Sebagai gantinya, ini adalah salah satu fitur Windows opsional yang dapat Anda instal melalui Control Panel. Setelah diinstal, Anda dapat menggunakan  perintah telnet untuk terhubung ke server tanpa menginstal perangkat lunak pihak ketiga.

Anda harus menghindari menggunakan telnet jika Anda dapat mengatasinya sendiri, tetapi jika Anda terhubung langsung ke suatu perangkat dan itu mengharuskan Anda menggunakan telnet untuk mengatur sesuatu, yah itu yang harus Anda lakukan.

cipher: Hapus dan Timpa File Folder secara Permanen

cipher

Perintah cipher ini kebanyakan digunakan untuk mengelola enkripsi, tetapi juga memiliki opsi yang dapat digunakan untuk memeriksa data sampah pada drive, membersihkan dan memastikan bahwa file yang dihapus tidak ada yang dapat dipulihkan. File yang dihapus biasanya tetap berada di disk kecuali Anda menggunakan SSD (Solid State Drive). Perintah cipher secara efektif memungkinkan Anda untuk menghapus drive tanpa menginstal software pihak ketiga.

Untuk menggunakan perintah, tentukan drive yang ingin Anda hapus seperti:

cipher /w:C:\

Perhatikan bahwa tidak ada ruang spasi antara switch ( /w: ) dan penyimpanan ( C:\ )

netstat -an: Melihat Daftar Koneksi dan Port Jaringan

netstat -an

Perintah netstat -an ini sangat berguna, menampilkan segala macam statistik jaringan bila digunakan dengan berbagai pilihan. Salah satu varian netstat yang paling menarik adalah netstat -an, yang akan menampilkan daftar semua koneksi jaringan di komputer mereka, lengkap dengan port yang mereka gunakan dan alamat IP yang terhubung.

nslookup: Menemukan Alamat IP yang Terkait dengan Domain

nslookup

Saat Anda mengetik nama domain (misalnya, di bilah alamat browser), komputer Anda mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain itu. Anda dapat menggunakan perintah nslookup untuk menemukan informasi itu sendiri. Misalnya, Anda bisa mengetik nslookup idkurir.web.id atau alamat web lainnya di CMD untuk segera mengetahui alamat IP yang diberikan server. Begitupun sebaliknya, Anda juga dapat melakukan pencarian alamat IP untuk mengetahui nama domain terkait.

Demikianlah artikel mengenai daftar perintah CMD yang harus kalian ketahui. Semoga daftar ini semakin menambah wawasan pembaca terutama dalam dunia jaringan baik yang bersifat kabel ataupun WiFi.