Video slideshow kini digunakan banyak orang sebagai salah satu media untuk bertukar cerita. Dengan semakin banyak dan mudahnya slideshow dibuat, tidak heran jika banyak orang yang ingin membuatnya. Terutama kini mereka memiliki sebuah media baru untuk berbagi: media sosial.

Karena ada banyak orang yang berbagi video slideshow, maka tidak heran jika ada banyak video slideshow yang berseliweran di media sosial. Hal ini menjadi sebuah tantangan untuk kita, agar bisa membuat sebuah video yang sangat menarik dan unik, berbeda dari orang kebanyakan.

Karenanya, perlu sebuah tips dan trik yang jelas agar kita bisa membuat sebuah video slideshow yang menarik. Sehingga video yang kita produksi akan bisa dinikmati oleh banyak orang.

Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk membuat sebuah video slideshow yang bisa menarik sehingga menyenangkan untuk ditonton.

1. Pikirkan Hasil Akhir

1

Hasil akhir adalah hal yang paling penting untuk dipikirkan pertama kali sebelum kita membuat video slideshow. Kita perlu menentukan berapa banyak foto yang dibutuhkan, bagaimana bentuknya, dan apa formatnya. Di mana kita akan menayangkannya? Apakah perlu format .mp4, .avi, .mov atau apapun itu, perlu dipikirkan pertama kali. Selain itu, kita juga perlu memikirkan peruntukkan video slideshow, apakah akan ditayangkan untuk pernikahan, acara anniversary, ulang tahun, pertunangan, atau acara formal seperti hari jadi kantor.

2. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

2

Apapun yang terjadi, kita wajib menggunakan foto atau gambar dan video berkualitas tinggi. Jangan sampai kita menggunakan gambar berkualitas rendah, karena akan menjadikan video slideshow berkualitas buruk.

Tidak hanya itu, slideshow yang diproduksi akan tidak enak untuk ditonton. Karena gambar akan menjadi pecah-pecah, atau buram, dan jika menggunakan video, kualitas audio juga akan menurun dengan drastis. Menjadikan video slideshow kurang menarik untuk ditonton.

3. Jangan Terlalu Panjang

3

Kita juga perlu untuk menentukan panjang durasi dari video slideshow. Video yang terlalu pendek akan menjadikan slideshow kurang berkesan bagi banyak orang. Sementara itu, video yang terlalu panjang juga akan membuat para penonton bosan dan mudah kehilangan fokus. Karenanya, durasi video slideshow haruslah dibuat dengan sangat tepat. Tidak terlalu panjang, dan tidak terlalu pendek. Ingatlah bahwa video slideshow biasanya merupakan media untuk bercerita, karenanya jangan bertele-tele dalam bercerita.

4. Tambahkan Musik dan Kutipan

4

Untuk membuat video slideshow menjadi lebih menarik, kita bisa menambahkan musik di dalamnya. Musik yang dipilih pun sebaiknya juga memiliki kesesuaian dengan gambar, foto, atau video yang digunakan. Sehingga sangat sesuai. Untuk acara pernikahan, kita bisa menggunakan musik yang romantis. Sementara untuk acara ulang tahun, kita bisa menggunakan musik yang riang.

Tidak hanya lagu, kita juga bisa menggunakan kutipan di dalam video slideshow. Apakah itu kata-kata mutiara, ataupun hanya sebuah keterangan kapan foto diambil. Yang pasti, jangan sampai tulisan terlalu kecil sehingga sulit dibaca, atau terlalu besar sehingga menutupi gambar.

5. Pakai Aplikasi Membuat Slideshow yang Mudah

5

Membuat slideshow membutuhkan keuletan. Dan itu semua bisa dipermudah jika kita menggunakan aplikasi atau situs pembuat slideshow yang mudah digunakan. Pilih situs atau aplikasi editing video slideshow yang memiliki banyak fitur, mudah digunakan, dan memiliki opsi unduh dengan berbagai format. Selain itu, pastikan aplikasi atau situs tersebut juga memiliki beberapa gambar, video, hingga beragam fitur lain yang bisa kita gunakan dengan gratis. Sehingga akan memperkaya tampilan dari video slideshow kita.