Pernahkah kamu bermimpi untuk melompati waktu atau kembali ke masa lalu? Dengan alasan untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat ataupun untuk melihat masa depan kita?

Saya rasa banyak orang yang menginginkan hal itu. Sayangnya di jaman ini hal itu adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Dan mungkin hanya bisa menjadi impian belaka.

Namun belakangan, sering beredar kabar bahwa ada sebagian orang dari masa depan datang ke masa ini. Dari beberapa orang itu bahkan ada yang tertangkap kamera dan menjadi barang diskusi yang tak kunjung selesai.

Ya entah betul atau tidak kabar itu, mungkin hanya Tuhan yang tahu.

Anime Bertema Perjalanan Waktu Paling Keren Dan Wajib di Tonton

Saking banyaknya spekulasi yang berkembang, ide perjalanan waktu atau time travel kini mulai banyak diangkat menjadi sebuah cerita ataupun film. Ya, walaupun hal itu hanya hayalan belaka, namun genre cerita dan film seperti ini malah diminati banyak orang.

Seperti yang akan saya bahas dalam postingan ini, kali ini IDKurir akan memberikan list anime bertemakan perjalanan waktu terbaik yang wajib kamu tonton. Apa saja list animenya? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Doraemon

Doraemon

Siapa sih yang tidak tahu anime yang satu ini? Menjadi anime yang paling populer di Indonesia, membuat anime ini sering diputar berulang kali di beberapa stasiun televisi.

Anime ini menceritakan kehidupan seorang anak pemalas nan cengeng bernama Nobita yang didatangi sebuah robot kucing berwarna biru dari abad 22 bernama Doraemon. Doraemon adalah robot yang dibuat khusus oleh cucu Nobita untuk membina Nobita agar bisa menjadi anak yang baik, memiliki masa depan cerah dan bisa menikah dengan Shizuka.

Dan dari sinilah petulangan seru terjadi diantara mereka bersama teman-teman Nobita seperti Shizuka, Giant, dan Suneo.

Berulang kali menjelajahi berbagai tempat dengan menggunakan pintu ajaib dan menjelajahi berbagai peradaban dengan menggunakan mesin waktu yang ada diloker nobita, membuat anime ini sangat pantas untuk menjadi anime bertema perjalanan waktu terbaik versi IDKurir.

Baca juga :

Sayangnya, hubungan antara Doraemon dan Nobita tidak bisa terjalin selamanya. Ketika Nobita mencapai kebahagian dan dipastikan menikah dengan Shizuka, Doraemon harus kembali ke masa depan karena telah melaksanakan misi.

Moment ini diabadikan dalam movie yang berjudul Doraemon : Stand By Me yang dirilis tahun 2016. Sungguh movie yang sangat menyedihkan.

Apakah kamu menyukai anime ini?

2. Re Zero

Rem Re Zero

Re Zero : Kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah anime populer yang diterbitkan pada tahun 2016 ini. R Zero merupakan anime yang mengangkat kisah Subaru sang tokoh utama yang tiba-tiba di pindahkan ke dunia paralel.

Tak disangka, Subaru memiliki kemapuan spesial yang dapat kembali dari kematian atau Return of the Death

Ceritanya yang sangat menarik dan disuguhi beberapa karakter yang manis membuat penonton menyukai anime ini. Dan bahkan, dua diantara karakter yang ada berhasil memasuksi jajaran karakter anime cantik yang cocok dijadikan waifu versi IDKurir.

Lalu apakah kamu tertarik untuk menonton anime ini?

3. Charlotte

Nao Tomori

Anime ini menghisahkan kehidupan anak-anak berkekuatan super yang dianggap sebagai penyakit yang akan hilang saat masa pubertas telah selesai. Diisi oleh karater utama Yuu Otosaka yang memiliki kemampuang mengambil alih tubuh seseorang selama 5 detik, Tomori yang dapat menghilang, dan beberapa karakter lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Yuu Otosaka dan Ayumi (Adik Otosaka) mengetahui bahwa mereka mempunyai seorang kakak.

Hal itu terjadi sesudah kematian Ayumi yang membuat Yuu frustasi. Dan disanalah ia bertemu Shunsuke yang mana adalah kakak Yuu dan Ayumi. Ia menjelaskan bahwa Shunsuke memiliki kemampuan time leap yang mana dapat mengulang waktu namun berimbas pada kesehatan matanya. Karena berulang kali mencoba mewujudkan negeri yang damai bagi anak-anak spesial, Shunsuke sampai kehilangan penglihatannya.

Dan disanalah Shunsuke menjelaskan, bahwa kekuatan Yuu yang sebenarnya bukan mengambil alih tubuh seseorang, melainkan mengambil kemampuan seseorang. Hebat bukan?

Setelah itu Yuu mengambil kemampuan Shunsuke dan kembali mengulang waktu untuk menyelamatkan Ayumi.

Seperti apa sih kelanjutan animenya? Tonton sendiri ya.

4. Kimi no Na Wa

Kimi no Na Wa

Kimi no Na Wa merupakan movie anime keren yang dirilis pada tahun 2016. Memiliki jalan cerita yang seru dan tidak mudah ditebak menjadi daya tarik anime ini.

Bahkan Kimi no Na Wa sempat menduduki peringkat satu di Myanimelist dengan menggeser anime jempolan seperti Gintama, Stein Gate, dan Fullmetal Alchemist : Brotherhood.

Sedikit spoiler untuk para otaku.

Kimi no Na Wa atau secara bahasa indonesia yang artinya Siapa Namamu?
Merupakan anime yang menceritakan hubungan pertukaran kehidupan antara Mitsuha dan Taki.

Mitsuha adalah seorang siswi yang tinggal di Desa Itomori yang berharap bisa terlahir kembali dan bertemu pemuda tampan di Tokyo. Sedangkan taki, pelajar dar Tokyo yang bekerja paruh waktu di sebuah restoran.

Suatu saat, Taki terbangun dari tidur dan mendapati bahwa ia berada pada tubuh orang lain yang tak lain adalah Mitsuha.

Karena saling tertukar, mereka akhirnya membuat note di masing-masing media yang ada seperti buku dan smartphone.

Namun kejadian aneh mulai terjadi, Taki merasa ia sudah tidak pernah berganti tubuh dengan Mitsuha dan selalu gagal saat menghubungi Mitsuha. Tanpa tahu arah, Taki mencari tempat atau keberadaan Mitsuha hanya dengan menggunakan sebuah gambar yang ia buat. Saat berusturahat di sebuah kedai, Taki terkejut seketika mendengarucapan dari bibi pemilik kedai, yang mana tempat itu telah hancur akibat meteor yang berjatuhan 3 tahun lalu dan menewaskan sepertiga penduduk, termasuk Mitsuha.

Taki semakin dibuat tercengang, karena ia merasa masih berhubungan dengan Mitsuha beberapa minggu yang lalu. Tak putus asa, Taki mencoba melihat semua catatan Mitsuha yang ada dalam ponselnya. Dan anehnya, seluruh catatan yang dibuat Mitsuha menghilang satu persatu.

Seperti apakah kelanjutan ceritanya? Apakah mereka dapat bertemu kembali? Tonton sendiri ya guys!

5. Stein Gate

Stein Gate

Sebenarnya sampai sekarang pun saya masih agak bingung dengan maksud kejadian yang ada pada anime ini. Anime yang membutuhkan kosentrasi tinggi ini, menyimpan segala info penting dalam setiap detiknya.

Jadi jangan sampai kamu melewatkan atau sekedar melakukan skip pada anime ini ya, karena saya yakin kamu pasti akan bingung dengan jalan ceritanya yang agak nyeleneh!

Stein Gate merupakan anime yang mengisahkan sebuah penemuan gila yang dilakukan oleh seorang ilmuan gila juga bernama Okabe Rintarou. Penemuan yang ditemukan secara tidak sengaja ini membahas mengenai penjelajahan waktu yang dilakukan dengan sebuah alat mesin waktu yang awalnya hanya sebuah microwave.

Alur cerita yang membahas maju-mundurnya waktu akan membuat kamu ketagihan dan penasaran akan anime ini. Jadi jangan lupa untuk nonton ya guys!

6. Toki wo Kakeru Shoujo

Toki wo Kakeru Shoujo

Movie anime ini sebenarnya sudah banyak versinya, namun khusus kali ini saya akan membahas anime yang ditokoh utama’i oleh Makoto.

Anime ini bercerita tentang kisah Makoto yang dapat melompati waktu menggunakan barang yang ia temukan di laboratorium. Selain itu, movie ini juga dibalut dengan beberapa scane romantis ditemani dengan soundtrack yang benar-benar pas dengan kejadian yang sedang terjadi.
Pasti penasaran kan?

Awal cerita, tanggal 13 Juli yang dianggap sebaik hari keberuntungan malah menjadi hari pembawa petaka bagi Makoto. Mulai dari terbakarnya dapur sekolah karena tindakan cerobohnya, ditindih oleh seorang siswa di sebuah taman, sampai hampir mati tertabrak kereta karena rem sepedanya yang rusak.

Namun disanalah alat pelompat waktu itu digunakan dan menyelamatkan hidupnya!
Seperti apakah jalan cerita perjalanan waktu dan kisah romantis yang ada pada movie anime ini? Jangan lupa untuk nonton ya!

7. Puella Magi Madoka Magica

Ekspetasi pertama ketika melihat anime ini pasti bakal seru banget. Sepanjang cerita kita akan ditemani karakter-karakter imut nan manis dengan mantra mantra sihir yang menggugah selera. Wow banget khan?
Tapi sekali lagi saya tekankan, kalau itu cuma ekspetasi saya loh guys! Ekspetasi yang tidak akan jadi kenyataan.

Karena aslinya anime ini benar-benar menyajikan jalan cerita dengan tema yang serius. Bernuansa agak gelap dan lebih cocok ditonton oleh seseorang yang sudah berumur 17 tahun ke atas.

Baca juga :

Awal cerita, anime ini mengisahkan kehidupan seorang anak yang cukup rendah diri namun baik hati bernama Madoka. Pada suatu malam ia bermimpi bertemu dengan seorang gadis berambut hitam panjang dengan latar lingkungan yang penuh kehancuran.  Ketika ia terbangun dari mimpi itu, ia benar-benar bertemu dengan sesesorang di dalam mimpinya bernama Akemi Homura yang mana adalah murid pindahan baru.

Karena cukup tertarik akan mimpi itu, Madoka berusaha mengikuti Homura untuk bertanya akan mimpinya itu.

Hal ajaib terjadi ketika Madoka bersama Miki Sayaka mendengar suara meminta pertolongan melalui kemampuan telepatis. Dan dalam sekejap pula, mereka berdua berpindah ke dimensi lain untuk menolong Kyubey (mahkluk yang melakukan telepati), yang mana mereka berpindah ke negeri yang dikuasai oleh seorang nenek sihir.

Pastinya keren banget anime ini! Apakah kamu tertarik untuk menonton?

8. Suzumiya Haruhi

Suzumiya Haruhi

Memiliki konsep cerita yang unik di bandingkan anime lainnya, anime ini menjadi series yang wajib ditonton bagi kamu pencinta cerita mistis dan skenario yang tak terduga.

Sesuai judulya, Suzumiya Haruhi adalah tokoh utama wanita yang menjadi fokus cerita dalam anime ini. Terlahir sebagai wanita yang cerdas, jago dalam olahraga namun memiliki satu kelemahan yang sebenarnya lumayan unik.

Yaitu tidak pernah peduli dengan orang-orang disekitarnya, terkecuali jika kamu adalah elien atau sejenisnya, beru deh Suzumiya mau berteman dengamu. Masih normal gak sih si Suzumiya ini?

Tokoh Kyon juga mendominasi cerita di anime ini. Kyon adalah tokoh pria SMA normal yang dipilih oleh Suzumiya dalam berbagai kegiatan berburu makhluk asing melalui organisasi ciptaan Suzumiya yang bernama SOS.

Di dalam anime ini juga kamu bisa menemukan berbagai tokoh dengan karakter yang lumayan sulit untuk ditebak seperti Nagato Yuki, Asahina Mikuru, dan Koizumi Itsuki. Dan mereka semua itu datang dari zaman yang berbeda. Kabarnya kedatangan mereka itu untuk menyelidiki segala sesuatu yang dilakukan oleh Suzumiya, karena ternyata Suzumiya Haruhi itu adalah seseorang yangmemiliki kekuatan setara dengan Tuhan. Wow! Benarkah?

9. Nerawareta Gakuen

Nerawareta Gakuen merupakan anime movie yang menceritakan kisah seorang anak dari masa depan bernama Kyogoku yang sengaja ditransfer demi mewujudkan misi sang ayah.

Misi tersebut tidak lain merupakan misi untuk menguasai sekolah dan menemukan anak-anak berbakat yang memiliki kemampuan esper.

Memiliki kharisma dan paras yang tampan, membuat Kyogoku berhasil mengumpulkan banyak murid dan menguasai sekolah. Sayangnya, misi tersebut dihalang-halangi oleh seorang siswa bernama Seki dan teman-teman terdekatnya.

Dari movie ini sebenarnya tidak terlalu banyak membahas tentang kisah time travelnya, tetapi lebih ke genre romance yang akan memperindah jalannya cerita.

Nah daripada bingung, mending tonton sendiri aja deh!

10. InuYasha

Inuyasha

Anime yang sudah menemani saya disaat saya masih kecil ini patut untuk direkomendaskan. Ya, walaupun secara grafis sudah tidak sebagus anime masa kini namun InuYasha masih layaklah untuk di tonton.

InuYasha merupakan anime yang menceritakan kisah petualangan InuYasha yang sedang mencari sosok Shikon no Tama dibubuhi cerita romantis bersama Kagome.

Cerita ini bermula ketika seorang gadis SMA bernama Higurashi Kagome yang sedang mencari kucingnya yang bernama Buyo malah terjatuh ke dalam sumur yang menghubungkannya dengan dunia lain.

Kedatangan kagome membuat InuYasha terbangun karena Kagome telah mencabut panah yang tidak bisa dicabut ole siapa pun kecuali oleh Kikyo sendiri.

Dan bagi yang belum menonton anime ini, saya rasa kalian wajib untuk menonton anime ini sampai selesai ya, kan bagaimana pun InuYasha adalah anime legend guys!

Oke, sekian artikel tentang 10 Rekomendasi Anime Bertemakan Perjalanan Waktu Terbaik yang berhasil IDKurir buat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here