Saat ini Android menjadi salah satu sistem operasi android terpopuler dan terbuka untuk seluruh pengguna smartphone yang ada di dunia. Digunakan lebih dari 3,8 miliar pengguna, membuat beberapa pihak nakal mencoba memanfaatkan peluang ini untuk mencuri atau merusak data pengguna lainnya.

Salah satu teknik yang digunakan oleh mereka adalah dengan menyebar beberapa malware atau virus melalui aplikasi palsu. Maka tidak heran, jika secara default Google melarang pengguna untuk memasang aplikasi yang didapat dari luar Google Play Store.

Saya selalu memasang aplikasi dari Google Play Store, apakah smartphone android saya akan bebas dari serangan virus?

Tidak juga, bahkan Google sendiri tidak bisa menjamin keamanan aplikasi yang ada di Google Play Store. Terbukti pada bulan Agustus 2017 kemarin, Google mencabut setidaknya lima ratus aplikasi di Play Store yang terbukti mengandung virus.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa saja memasang aplikasi antivirus android terbaik di perangkat smartphone kesayangan Anda. Berikut ini adalah ulasan aplikasi pembersih virus di android yang dapat Anda download via Google Play Store.

Aplikasi Antivirus Android Terbaik di Tahun 2018

1. Security Master

Security Master

Security Master (sebelumnya dikenal dengan nama CM Security) merupakan aplikasi antivirus terbaik versi IDKurir.web.id beserta pengalaman para pengguna lainnya. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat lengkap meliputi Antivirus, VPN, Lock App dan juga Booster.

Selain ringan, aplikasi ini juga memiliki respon yang sangat cepat ketika smartphone mulai terindikasi malware. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan banyak hal hanya dengan bermodalkan 1 aplikasi saja.

Maka tidak heran, jika jumlah pengguna aplikasi ini adalah yang terbanyak di Google Play Store dalam kategori aplikasi pembersih virus terbaik di tahun 2018 ini.

  • Jumlah Pengguna: Lebih dari 500 Juta Unduhan
  • Ukuran: 14 MB
  • Download via Google Play Store: Security Master

2. Clean Master

Clean Master

Clean Master merupakan alat optimisasi smartphone dengan pembersih ruang penyimpanan sekaligus antivirus terbaik yang patut Anda coba. Aplikasi ini dikenal dapat memindai virus dengan cepat dan berhasil menduduki peringkat 1 dalam percobaan Av-Test yang dilakukan pada tahun 2018.

Selain dapat mengatasi virus browser dan trojan, aplikasi ini juga dapat menjaga privasi Anda agar tetap aman. Adapun rincian aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Jumlah Pengguna: Lebih dari 500 Juta Unduhan
  • Ukuran: 18 MB
  • Download via Google Play Store: Clean Master

3. AVG Antivirus Android Gratis 2018

AVG Antivirus Android Gratis 2018

Aplikasi antivirus android berikutnya adalah AVG. Jika sebelumnya kita mengenal AVG sebagai antivirus komputer yang sangat handal, kini Anda juga bisa menemukan kehebatnnya di perangkat android.

Aplikasi ini dapat memindai berbagai aplikasi, browser, game ataupun file dengan cepat berkat adanya dwi-mesin yang menjadi andalannya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan file sampah sekaligus pemindai kekuatan WiFi.

4. Avast Mobile Security & Antivirus

Avast Mobile Security & Antivirus

Bukan Avast namanya jika tidak bisa memberikan performa terbaik pada perangkat Anda. Aplikasi antivirus yang berada di komputer ini juga telah hadir untuk perangkat mobile. Lalu seperti apakah performanya?

Baca Juga : 5 Smartphone Android Yang Tidak Mudah Panas Untuk Nge-Game

Hadir dalam paket lengkap All in One, aplikasi Avast Mobile memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Avast bisa memberikan peringatan bahaya jika perangkat Anda terindentifikasi mengintal aplikasi Spyware dan juga Adware yang berbahaya karena melanggar privasi Anda.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini memiliki fungsi sebagai pemindai koneksi wifi sekaligus pengecek kecepatan koneksi. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Pemblokiran Panggilan jika sedang dibutuhkan.

Sangat keren kan?

5. 360 Security

360 SecuritySesuai namanya, aplikasi ini hadir dengan fitur keamaaan yang diklaim jauh lebih lengkap dan cepat daripada pesaingnya. Memiliki desain yang cukup minimalis dan elegan bisa membuat anda nyaman saat menatap layarnya.

Selain berguna sebagai antivirus, aplikasi ini juga memiliki fitur hemat daya yang dapat diatur secara otomatis sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mencegah pencurian data, Anda juga bisa memanfaatkan fitur LockApp untuk memberikan kata sandi pada setiap aplikasi dan file yang anda punya.

  • Jumlah Pengguna: Lebih dari 200 Juta Unduhan
  • Ukuran: 22 MB
  • Download via Google Play Store: 360 Security

6. Virus Cleaner (HI Security)

Virus Cleaner HI Security

Aplikasi yang hadir dengan mesin ganda ini memang patut untuk anda download. Virus Cleaner dapat melacak sekaligus menghapus berbagai jenis virus yang muncul pada perangkat android Anda.

Beberapa fungsi lain dari aplikasi ini adalah sebagai pendingin CPU, pengunci aplikasi, pengaman koneksi WiFi, pengisi daya secara cepat dan masih banyak lainnya. Adapun informasi aplikasi ini adalah sebagai berikut.

7. 360 Security Lite

360 Security Lite

Sesuai namanya, aplikasi antivirus android ini adalah versi sederhana dari aplikasi 360 Security yang telah saya bahas sebelumnya.

Memiliki fungsi yang sama baik dengan aplikasi sebelumnya, 360 Security Lite ini sengaja dirancang khusus untuk Anda yang memiliki perangkat dengan spesifikasi ala kadarnya. Untuk Anda yang punya RAM di bawah 1GB, maka aplikasi antivirus ini adalah solusi yang sangat tepat.

Alhasil, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna karena memiliki size yang sangat kecil dan mudah untuk digunakan.

  • Jumlah Pengguna: Lebih dari 50 Juta Unduhan
  • Ukuran: 8 MB
  • Download via Google Play Store: 360 Security Lite