IDKurir.web.id – Rekomendasi build Rafaela tersakit 2021 dengan item emblem dari top 1 global dan VYN. Bisa healing dan jadi tanker!

Hingga tahun 2021, Mobile Legends masih menjadi game MOBA terpopuler di wilayah asia tenggara terutama Indonesia. Game dengan genre pertarungan tim 5 vs 5 ini menyajikan aksi laga sengit yang sangat sulit untuk ditinggalkan.

Di dalam game ini, kamu bisa memilih role apapun yang kamu sukai. Jika kamu memiliki jiwa pemimpin, tank adalah pilihan terbaik. Jika kamu seorang inisiator, Fighter dan Mage adalah jawaban terbaik. Jika kamu seorang eksekutor, assasin dan marksman adalah pilihan yang sangat tepat. Namun jika kamu ingin tetap berada di belakang, support adalah jati dirimu yang sebenarnya.

Untuk menemukan teman mabar, tentu bukanlah hal yang sulit. Kemana pun kamu berada, kamu bisa menjumpai orang-orang memainkan game Mobile Legends. Tidak susah untuk menemukan teman mabar, cukup tidak noob, kamu sudah bisa join mabar di squad manapun.

Namun ada satu catatan penting. Untuk menjadi seorang pro player, kamu tidak boleh menjadi beban tim. Kamu tetap harus menguasai semua role yang tersedia di Mobile Legends yakni Tank, Fighter, Assasin, Mage, Marksman dan Support.

Build Rafaela Tersakit 2021

Build Rafaela Tersakit 2021

Salah satu hero terkuat di Land of Down untuk saat ini adalah Rafaela. Rafaela sendiri merupakan hero Support yang bisa mengisi dua role sekaligus yakni Support dan Tank. Rafaela sangat gemar dimainkan karena memiliki pertahanan yang kuat dari efek penyembuhannya dan mobilitas yang tinggi.

Ya semua ini berkat keteguhan hati Moonton yang akhirnya memberikan buff kepada Rafaela sehingga beberapa skill yang dimilikinya sangat cocok dengan meta saat ini. Pada early game, Rafaela tank bahkan bisa digunakan untuk merusuh blue buff musuh dengan bermodalkan regen dan efek slow yang ia miliki. Skill keduanya sangat ditakuti lawan karena bisa digunakan untuk membuat regen dan slow secara instan.

Hero yang jarang dibanned sejak Mobile Legends pertama kali dibuka ini sangat terkenal karena memiliki skill yang menyebalkan dan dimainkan oleh pro player Mobile Legends terutama setelah update pach terbaru ini. Namun walaupun begitu, Rafaela sangat rentan mati karena sangat mudah terkena crowd control. Apalagi saat ketika kehilangan ultimatenya karena bagaimana pun, ultimatenya adalah skill paling berharga di land of dawn untuk saat ini.

Dan berikut ini adalah build Rafaela tersakit yang cocok digunakan untuk meta saat ini. Semua item dan emblem yang dibuat berdasarkan rekomendasi top 1 global dan pro player seperti RRQ VYNN.

Tough Boots

Tough Boots

Mage sangat disukai oleh banyak player termasuk mimin sendiri lho! Selain memiliki damage yang pedih, mage juga dikenal karena memiliki skill crowd control yang baik. Tough Boots adalah sepatu yang tepat untuk digunakan melawan mage. Selain menambah magical defend, sepatu ini juga bisa mengurangi efek crowd control sebanyak 30%.

Baca Juga: Build Barats Tersakit 2021 

Enchanted Talisman

Enchanted Talisman

Ketika menggunakan hero yang memerlukan banyak stok mana namun tidak bisa mendapatkan blue buff maka item ini adalah jawabannya. Enchanted Talisman dapat meregenerasi 15% dari total mana yang kalian miliki dan cooldown dapat 10 detik saja. Item ini akan membantu kamu menyepam skill hero terutama saat menggunakan mage atau support.

Baca Juga: Build Fanny Tersakit 2021

Oracle

Oracle

Item yang satu ini memang wajib banget deh digunakan untuk mengkonter lawan yang punya magical damage yang besar banget. Selain itu bisa juga digunakan untuk meningkatkan shield dan juga HP regen sehingga kamu bisa bertahan di tengah peperangan.

Baca Juga: Build Balmond Tersakit 2021 

Dominance Ice

Dominance Ice

Fungsi utama dari item ini selain menambah HP yang kita miliki tentu juga untuk mengurangi movement speed sebesar 10% sekaligus attact speed yang dimiliki oleh lawan sebesar 30%. Cocok banget untuk mengkonter marksman di late game.

Baca Juga: Build Lolita Tersakit 2021 

Radiant Armor

Radiant Armor

Item ini cocok banget digunakan untuk melawan mage dengan damage berterusan seperti Change dan Zhask. Semakin lama kamu terkena magical damage maka semakin besar juga magical defense yang bakal kamu buat. Item ini dewa banget deh untuk meta saat ini.

Baca Juga: Build Paquito Tersakit 2021 

Queen’s Swing

Queen's Swings

Item yang bisa disebut sebagai item defend anti assasin ini memang sangat worth it untuk dipakai. Ketika darah yang kamu miliki sudah berada di bawah 40%, maka damage yang diterima akan dikurangi sebesar 40% pula. Assasain yang mengandalkan skill akan susah membunuh kamu aklau begini caranya!

Baca Juga: Build Ling Tersakit 2021 

Spell dan Emblem Rafaela Tersakit 2021

Spell dan emblem juga sangat berpengaruh terhadap gameplay yang kalian mainkan. Terutama saat early game karena kalian akan mendapatkan bonus skill dan power saat menggunakan speel atau emblem tertentu.

Spell dan emblem yang baik akan membantu mobilitas Rafaela terutama dalam hal farming dan rusuh ke jungle lawan.

Spell Rafaela

Kalau ngomongin meta Rafaela support tank, maka spell yang cocok untuk digunakan adalah Flicker. Spell ini sangat cocok digunakan oleh Rafaela bukan untuk kabur dari lawan melainkan menculik core hero lawan yang berada di lini belakang. Dengan kombo skil 2 yang ia miliki, Rafaela dapat menculik dan melempar core lawan untuk di tumbangkan bersama teman.

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan Purify juga lho! Dengan menggunakan spell ini, Rafaela bisa kabur dari sergapan musuh dengan mudah. Perlu diingat, bahwa Rafaela juga memiliki skill untuk kabur dari lawan setelah melakukan stun.

Emblem Rafaela

Emblem yang cocok untuk digunakan Rafaela sebagai hero mage di mid lane sebenarnya ada dua yakni emblem Support dengan efek battle Focusing Mark (yang dikombinasikan dengan Agility + Recovery) dan emblem Tank dengan efek battle Concussive Blast (yang dikombinasikan dengan Vitality + Purity).

Skill Rafaela 2021

  • Skill Pasif (Deity Penalization): Ketika Rafaela berhasil memukul lawan baik menggunakan basic attact ataupun skill, maka ragenya akan terisi. Ketika rage terisi penuh, maka semua cooldown skill Rafaela akan terhapus dan meningkatkan kemampuan Rafaela.
  • Skill Pertama (Light of Retribution): Rafaela melompat ke lokasi yang telah ditentukan. Menyebabkan efek slow kepada lawan sebesar 40% yang berlangsung selama 2 detik. Jika mengenai lawan, maka rage akan terisi.
  • Skill Kedua (Holy Healing): Rafaela memotivasi dirinya dan teman disekelilingnya. Memulihkan 260 HP dan memulihkan dirinya berdasarkan HP yang hilang selama 2 detik terakhir. Selama 5 detik, basic attact Rafaela akan diperkuat.
  • Skill Ultimate (Holy Baptism): Rafaela memasukin charge mode dimana Rafaela dapat mengisi ragenya . Semakin lama ia mencharge, maka semakin banyak rage yang terisi. Ketika rage sudah terisi full, ia dapat menghantam tanah sebanyak 3 kali dan memberikan efek knock-up dan slow di saat yang bersamaan.

Counter Rafaela 2021

Untuk counter Rafaela sebenarnya tidak jauh dari mage yang punya efek crowd control dan marksman yang memiliki kemampuan DPS di fase late game. Jika hanya ada satu hero sisi itu tidak masalah. Namun jika lawan memiliki banyak hero sisi, tentu Rafaela akan kepayahan terutama di late game saat hard carry lawan sudah bisa memberikan damage yang besar sedangkan ultimate Rafaela bersifat lock hero. Sangat tidak dianjurkan!

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai build Rafaela tersakit 2021 yang cocok digunakan sebagai support sekaligus tank di mid lane. Selain sakit dan kuat, hero ini juga sangat tebal berkat efek healingnya terutama jika menggunakan item rekomendasi yang digunakan oleh pro player dan top global mobile legends.