IDKurir.web.id – Kali ini saya akan mengajarkan Anda bagaimana cara memperkecil mengecilkan ukuran video hingga 5x lipat tanpa mengurangi kualitasnya! Tutorial ini dapat digunakan di Android ataupun PC.

Kali ini saya akan mengajarkan Anda bagaimana caranya mengkompres video agar ukurannya bisa menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Selain efektif, cara ini merupakan langkah yang paling efisien karena tidak merusak kualitas video itu sendiri. Seperti apakah tutorialnya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Mudah

Bagi seorang content creator youtube, menyajikan video berkualitas tinggi merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Mulai dari pembuatan ide konten, melalui proses perekaman hingga proses editing, semua itu memerlukan waktu yang cukup panjang. Cukup melelahkan sebenarnya.

Tapi rasa lelah itu akan hilang setelah kita tahu bahwa video yang kita buat dapat berguna bagi banyak orang. Terlepas dari itu semua, Anda pasti sadar bahwa video yang berhasil dibuat punya ukuran yang sangat besar. Tak jarang hasilnya bisa lebih dari 1 GB, benar?

Maka tidak heran, jika beberapa pembaca disini meminta daftar rekomendasi aplikasi yang bisa mengecilkan ukuran video di hp android.

Seperti yang saya alami belakangan ini. Ketika berniat mengembangkan channel youtube, saya kadang dibuat kaget dengan ukuran video yang sangat besar. Alih-alih mencari cara memperkecil ukuran video youtube akhirnya saya menemukan 2 aplikasi ajaib yang bisa mengabulkan permintaan saya.

Nama aplikasinya adalah Panda Video Compressor dan juga Handbrake. Kedua aplikasi ini merupakan kompresor video gratis yang berguna untuk memperkecil ukuran video tanpa merusak kualitasnya. Nah berikut ini, adalah tutorial untuk menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Menggunakan Aplikasi Panda Video Compressor

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Panda Video Compressor

1. Download aplikasi Panda Video Compressor di Google Playstore.
2. Buka aplikasi Panda Video Compressor.
3. Pilih video yang ukurannya akan dikecilkan lalu klik Berikutnya.
4. Set ukuran berdasarkan keinginan Anda. Saya merekomendasikan ukuran kecil dan ukuran Medium.
5. Tunggu proses kompres hingga selesai.
6. Setelah selesai, Anda bisa langsung menyimpan video tersebut di hp androidmu.

Menggunakan Aplikasi Handbrake

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan kamu telah menyiapkan aplikasi Handbrake. Jika belum punya silakan unduh aplikasinya melalui tautan berikut ini Handbrake.

1. Instal softwarenya seperti biasa. Setelah terinstal, silakan buka aplikasi Handbrake dan pilih menu Source > File seperti gambar yang ada di bawah ini. Carilah file video yang ingin anda kompres agar berukuran lebih kecil.

Pilih Open File

2. Pada menu Destination silakan klik menu Browse untuk menentukan folder dimana video baru akan disimpan. Jangan lupa, pada bagian Output Setting Anda bisa memilih format MP4 dan mencentang opsi Web Optimized.

Pilih Destination dan MP4

3. Dibagian bawah terdapat banyak sub menu yang bisa Anda gunakan. Untuk pemula sebaiknya Anda pilih sub menu Video untuk pengaturan lebih lanjut.

Pengaturan submenu Video Handbrake

  • Di bagian Video Codec pastikan Anda memilih H.264 (x264) agar video dapat dioptimasi dengan baik.
  • Di bagian Framsrates (FPS) sebaiknya Anda memilih same as source agar frame yang dihasilkan sama dengan video aslinya.
  • Di bagian Quality silakan geser tombol ke arah kiri dengan RF antara 20 hingga  35. Saya pribadi lebih suka menggunakan angka 28.

4. Ketika semuanya sudah siap, silakan klik tombol Start agar aplikasi dapat me-render video Anda. Waktu rendering tentu berbeda-beda tergantung ukuran video dan spesifikasi perangkat Anda. Umumnya berkisar antara 10 menit hingga 1 jam.

Klik Start

5. Setelah proses selesai kamu dapat langsung melihat ukuran video tersebut di bawah ini.

Hasil Memperkecil Video dengan Handbrake

Nah bagaimana hasilnya, berubah drastiskan? Sekarang kamu bisa berhemat kuota untuk mengupload video youtube kamu guys. Selamat mencoba!

Baca Juga

Akhir Kata

Demikianlah artikel cara memperkecil ukuran video di Android tanpa mengurangi kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam video creator!