IDKurir.web.id – Apakah kamu sedang bingung karena kursor laptop dan komputermu hilang secara tiba-tiba? Jangan cemas ya guys.

Karena kini, saya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara mengatasi kursor hilang di windows 7, 8, 8.1 dan 10. Seperti apakah tutorialnya? Mari kita simak cerita yang ada di bawah ini.

Berbagai Masalah yang Sering Terjadi pada Kursor Laptop / Komputer

Sebenarnya ada banyak sekali masalah yang berkaitan dengan kursor laptop komputer Anda. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya juga pernah menuliskan artikel yang membahas tentang bagaimana cara mengatasi kursor loading terus menerus. Dan ternyata, masalah pada kursor ini menjadi masalah yang dialami banyak orang.

Terbukti dengan banyaknya tanggapan dan jumlah penayangan perhari yang ada pada artikel ini. Ya, saya sendiri tahu betapa pentingnya fungsi kursor touchpad yang ada pada laptop kamu.

Sampai pada suatu waktu, ada seorang teman yang menanyakan perihal cara mengatasi kursor yang hilang pada laptopnya.

Setelah saya cari tahu, ternyata masalah yang ia alami ini cukup sederhana namun membuat bingung khususnya bagi orang awam. Tak sampai 5 menit, kursor yang sebelumnya hilang sudah kembali normal.

Lalu bagaimana cara saya dalam mengatasi kursor yang hilang secara tiba-tiba? Nah berikut ini adalah jawabannya!

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Windows 7, 8 dan 10

Pada artikel ini saya akan memberikan 3 buah tutorial sederhana untuk menyelesaikan masalah ini. Mohon disimak dengan hati-hati, jika tidak bekerja silakan ikuti tahapan cara selanjutnya.

1. Memanfaatkan Tombol Fungsi

Cara mengatasi kursor hilang yang pertama ini sebenarnya sangat sedderhana yakni hanya dengan memanfaatkan tombol fungsi saja. Kebetulan, penggunaan cara ini bisa langsung terbukti bekerja pada perangkat laptop teman saya tadi.

Baca artikel menarik lainnya :

Adapun tombol fungsi yang bisa dimanfaatkan dalam proses ini sebenarnya berbeda-beda. Beda produsen, maka berbeda pula tombol fungsi yang digunakan. Intinya sih, kamu bisa memadukan beberapa tombol FN + (F1 sampai F12) sebagai jalan untuk menemukan rumus terbaik.

Tombol yang saya rekomendasikan biasanya ditandai dengan logo jari telunjuk.

2. Mengecek Pengaturan Kursor / Pointer

Untuk mengecek settingan pointer sebenarnya sangat mudah. Namun dibutuhkan perangkat tambahan untuk mengerakkan pointer kamu yakni Mouse. Jadi untuk kamu yang masih bingung bagaimana settingnya, bisa mengikuti tutorial ini ya :

  • Cari tombol Control Panel
  • Pada halaman tersebut, silakan pilih Hardware and Sound
  • Pada menu Device and Printer silakan pilih Mouse
  • Selanjutnya akan muncul pop up baru, dan silakan pilih tab Pointer Option
  • Lalu hapus centang pada kotak Hide Pointer While Typing seperti gambar dibawah ini

Cara Mengatasi Kursor Hilang

  • Lalu klik OK untuk menyimpan

Nah, bagaimana? Sampai sini ada yang berhasil? Jika belum, yuk lanjut ke cara terakhir!

3. Install Ulang atau Update Driver Kursor / Pointer

Jika kamu sudah merasa benar dalam mengikuti step by step yang saya berikan namun masih gagal. Maka langkah terakhir dalam mengatasi kursor yang tidak muncul adalah dengan Install Ulang atau Update Driver kursor kamu.

Caranya bagaimana?

Mudah kok, cukup akses beberapa url dibawah ini lalu instal seperti biasa ya!

Nama BrandUrl
Asushttps://goo.gl/CixXgZ
Acerhttps://goo.gl/cFhfTm
Axioohttps://goo.gl/3ErPXz
Toshibahttps://goo.gl/36J5yq
Dellhttps://goo.gl/MuAvKF
Hphttps://goo.gl/XRbgec
Zyrexhttps://goo.gl/Fxoebz
Sonyhttps://goo.gl/apcdLj
Lenovohttps://goo.gl/6YAAHx
Compaqhttps://goo.gl/ut6ARg

Akhir Kata

Nah bagaimana dengan tutorial yang saya berikan ini? Apakah kamu masih bingung dengan cara mengatasi kursor hilang pada laptop dan komputer kamu? Jika kamu masih bingung dan kursor kamu tetap tidak mau muncul, maka kamu bisa menuangkan komentarmu di kolom komentar ya.

4 KOMENTAR

  1. Awal masalah dari kursor ini sebenernya masih ringan, kadang muncul kadang juga hilang. Tapi akhir akhir ini menjadi semakin parah. Setiap kali laptop di hidupkan pasti kursornya hilang. Tapi setelah kuikuti cara ini ternyata work banget!

    • Halo Rio, sebelumnya pastikan agar touchpad yang ada di laptop kamu aktif ya. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu melihat logo/icon yang ada pada tombol F1 hingga F12 dikomputer kamu. Pastikan icon di tombol tersebut menyerupai jari telunjuk yang sedang menyentuh bagian touchpad. Tekan dengan kombinasi Fn+(F1-F12 sesuai tombol pada laptop kamu). Contoh, pada laptop Acer Aspire E 14, Kamu bisa menekan FN+F7 untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touhpad.

      Jika touchpad sudah aktif namun masalah masih terjadi kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

      Pertama, silakan buka Control Panel.
      Temukan dan klik Mouse Utility.
      Selanjutnya akan terbuka jendela baru di Mouse Properties, disini temukan pengaturan touchpad kamu
      Pastikan ada tanda centang di kotak di samping Enable Touchpad.
      Sesuaikan pengaturan lainnya sesuai keinginan Anda, lalu klik Apply, lalu OK.
      Uji touchpad kamu.

      Nah dicoba dulu ya, semoga berhasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here