Minggu lalu, saya mendapatkan banyak pesan di e-mail tentang beragam masalah yang biasa terjadi pada laptop ataupun komputer. Seperti biasa, masalah-masalah tersebut sangatlah beragam.

Namun diantara masalah-masalah tersebut, banyak sekali pengguna windows 7, 8, dan 10 yang bertanya-tanya mengenai masalah kursor yang terjadi pada laptop atau komputer mereka.

Beberapa masalah yang sering saya temui adalah masalah kursor yang sering macet, masalah kursor yang loading terus menerus, masalah kursor hilang hingga masalah kursor yang suka kedip-kedip sendiri.

Buruknya lagi, masalah kursor yang awal mulanya sederhana ini bisa menjadi serius jika tidak ditangani dengan benar. Pada beberapa kasus seperti pada artikel sebelumnya, bahkan ada salah satu pelanggan saya yang mengalami black screen akibat kursor yang loading terus-menerus.

Walaupun hanya terlihat seperti masalah sepele namun kita tidak bisa membiarkannya begitu saja. Dari pengalaman saya sendiri, saya hampir frustasi saat masalah kursor loading terus-menerus ini terjadi pada laptop saya.

Dimulai dari kinerja laptop yang turun drastis lalu laptop mulai sering mengalami lagging bahkan beberapa program dari mikrosoft office pun makin susah untuk digunakan .

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus-Menerus di Windows 7, 8, dan 10

Berusaha tenang dan mencoba mencari jalan keluar dari masalah ini, hari itu saya menemukan langkah sederhana yang mana dapat mengakali masalah kursor loading terus menerus pada laptop.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi kursor yang loading terus-menerus pada komputer dan laptop? Yuk simak caranya dibawah ini :

  1. Pertama, hidupkanlah laptop anda.
  2. Setelah hidup, cobalah untuk menghiraukan kursor anda yang selalu memunculkan gambar loading.
  3. Klik kanan sembarang tempat pada dekstop anda.
  4. Pilih personalize
  5. Akan muncul sebuah popup, dan carilah menu yang bertuliskan “change mouse pointer
  6. Saat kamu sudah memilih menu change mouse pointer, maka kamu akan mendapatkan popup baru yang mana terlihat seperti tampilan dibawah ini :

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus

Penting : Perhatikan bagian yang dilingkari warna merah! Bagian itulah yang akan kita rubah menjadi gambar yang berbeda

Untuk mengubah logo yang dilingkari kotak berwarna merah, kamu hanya perlu melakukan double klik pada gambar dan memilih logo baru yang mana memiliki tampilan seperti dibawah ini!

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus dan Suka Kedap Kedip

Penting : Pastikan logo yang dilingkari berubah menjadi gambar seperti yang ada diatas ya!

Setelah mengubah logo tersebut, kamu bisa klik apply dan klik ok. Selesai deh! Mudah banget kan?

Apakah Masalah Kursor Loading Terus Menerus Sudah Selesai?

Belum! Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa langkah-langkah tersebut bukanlah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini. Masalah yang sebenarnya adalah Masalah CPU Usage 100% yang mungkin terjadi pada perangkat anda.

Cara mengetahui masalah CPU Usage ini ternyata cukup gampang! Yakni bisa dilakukan dengan cara :

  • Klik kanan pada bar bawah dekstop
  • Lalu pilih Start Task Manager
  • dan pilih menu Processes
  • Lihat jumlah kinerja CPU Usage yang terletak dibawah popup

Masalah CPU Usage hingga 100% bisa saja hadir pada perangkat anda dan membuat kinerja laptop semakin berat sehingga menyebabkan terhambatnya aktifitas anda. Penggunaan CPU yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komputer atau laptop Anda mengalami lagging bahkan black screen.

Untuk mengatasinya kamu bisa membaca tutorial berikut ini.

Penyebab CPU Usage Hingga 100%

Bisa jadi penyebab dibawah ini merupakan faktor utama dari masalah CPU Usage 100% pada komputer atau laptop kamu.

  1. Kinerja Aplikasi Yang Berlebihan
  2. Startup Aplikasi terlalu banyak
  3. Virus

Dari beberapa penyebab di atas yang paling mengerikan adalah apabila perangkat kamu terjangkit virus. Karena seperti yang kita ketahui bahwa virus merupakan penyebab masalah gadet yang sangat menjengkelkan.

Umumnya beberapa virus yang menyebabkan penggunaan CPU ini tidak merusak file-file di dalam komputer namun merusak keseimbangan aplikasi browser anda. Untuk mengatasi ini anda bisa memulainya dengan membaca artikel saya yang berjudul cara mengatasi virus browser dengan cmd karena sudah terbukti bekerja pada perangkat komputer pelanggan saya.

Jadi, jika kamu mendapati software atau aplikasi yang menyerupai aplikasi browser dan antivirus, maka kamu wajib menguninstall aplikasi tersebut! Karena sudah bisa saya pastikan, bahwa aplikasi tersebut adalah malware yang berusaha mencuri atau merusak data di laptop anda.

Dari pangalaman saya pribadi, beberapa aplikasi malware tersebut sangat susah untuk di uninstall. Jadi bagi kamu yang kesusahan untuk menguninstall seluruh software penganggu itu, maka saya merekomendasikan aplikasi CCleaner.

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus dengan CCleaner

Akhir Kata

Jika Anda masih bingung dengan artikel bertajuk cara mengatasi kursor loading terus menerus disertai cpu usage yang sampai 100 % maka tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar yang sudah tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here