Bagaimana cara mengatasi masalah windows script host access is disabled on this machine pada komputer atau laptop Anda? Sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti tutorial berikut ini untuk memperbaiki pesan error tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan memandu Anda dalam mengatasi masalah windows script host access is disable on this machine yang sedang Anda alami. Pesan error ini tidak hanya muncul pada perangkat komputer saja, laptop ataupun notebook pun bisa terjangkit error ini.

Pada dasarnya, pesan error yang berbunyi windows script host access is disabled on this machine ini hanya muncul ketika perangkat komputer atau laptop baru saja dinyalakan. Dan akan muncul kembali saat perangkat komputer akan dimatikan.

Sayangnya akibat pesan error yang tidak tertangani dengan cepat akan berakhir serius seperti halnya mengalami black screen yang ditandai dengan adanya layar hitam disertai dengan peringatan windows script host access is disabled on this machine.

Kurang lebih seperti inilah tampilan error yang sedang Anda alami, berikut dengan pesan error yang ditulis secara lengkap.

Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine

Windows script host access is disabled on this machine. Contacs your administrator for details.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengatasi pesan error ini? Silakan simak tutorial di bawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Sebelumnya saya telah menjelaskan bahwa masalah windows script host ini bisa saja membawa masalah black screen kepada perangkat kita. Oleh karena itu, di akhir tutorial ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi black screen akibat windows script host ini.

Tutorial Pertama

Namun seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, mari kita simak tutorial sederhana untuk memperbaiki windows script host access is disabled on this machine.

Pertama

Pastikan bahwa masalah yang kamu alami adalah benar mengenai Windows Script Host Access is Disabled. Untuk memastikanya, silakan lihat gambar yang ada dibawah ini.

Cara Mengaatsi Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine Pada Windows

Kedua

Berikutnya, pada sistem tray yang terletak di pojok kanan bawah, silakan klik kanan pada logo smadav. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar yang ada di bawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is isabled On This Machine

Ketiga

Setelah itu, silakan klik Allow Windows Script Host and Macro (Forever) dan pilih ok.

Keempat

Setelah semua perbaikan sederhana ini selesai, pastikan bahwa kamu menjumpai pop up seperti yang ada di bawah ini. Fungsinya sederhana, yakni memastikan bahwa WHS perangkatmu telah aktif kembali.

Cara Mengatasi Windows Script Access is Disabled On This Machine

Diakhir tutorial pertama ini, bisa saya simpulkan bahwa pada dasarnya aplikasi smadav secara sengaja menonaktifkan fitur Windows Script Host ini. Namun dengan hadirnya tutorial ini, saya harap teman-teman bisa mengikutinya dan mengembalikan performa perangkat anda seperti sediakala.

Baca artikel lainnya :

Tutorial Kedua

Untuk pengguna yang mengalami black screen akibat pesan error windows script host access is disabled on this machine mohon perhatikan cara berikut ini. Cara ini dapat Anda gunakan untuk mengembalikan layar anda  seperti sediakala agar dapat mengikuti tutorial yang sudah saya tulis sebelumnya.

  1. Pertama pastikan bahwa layar anda hanya memiliki warna hitam kosong disertai dengan pesan windows script host access is disabled on this machine.
  2. Kedua, silakan gunakan tombol kombinasi pada keyboard yakni Windows + R
  3. Lalu akan muncul sebuah pop up dan masukan perintah berikut ini : explorer.exe
  4. Kini layar sudah kembali normal dan kamu sudah bisa mengakses aplikasi explorer.
  5. Langkah berikutnya adalah menggunakan tutorial tentang cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine yang sudah saya tuliskan di atas.

Catatan : tutorial yang kedua hanya bisa digunakan jika black screen yang kamu alami adalah akibat dari WSH yang disabled

Akhir Kata

Jika kamu punya pertanyaan, kritik dan saran mengenai artikel ini silakan berikan komentar kamu di bawah ya. Selamat membaca artikel lainnya dan jangan lupa untuk mengikuti semua akun sosial media kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here