Seperti yang kita tahu, PDF merupakan salah satu ekstensi file terbaik yang sering digunakan oleh para pekerja profesional di seluruh dunia. Selain digunakan untuk menyimpan data, file PDF juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah.

Saking populernya, ada banyak sekali orang yang sengaja mendokumentasikan pemikirannya melalui file pdf. Hal itupun berhasil dibuktikan dengan tingginya traffik dari artikel cara translate file pdf yang telah kami tulis sebelumnya.

Namun sayang, tidak seperti Ms Word yang dapat di edit dengan mudah, file pdf memerlukan sedikit usaha untuk mengubahnya. Dan bukan hanya sekedar mengedit, menggabungkan file pdf pun bisa menjadi perkara sulit jika Anda tidak tahu caranya.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Offline dan Online

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, Anda dapat menggabungkan file dpf dengan lebih mudah. Bermodalkan aplikasi tambahan atau sekedar akses internet, Anda sudah bisa menggabungkan file pdf yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah 2 cara menggabungkan file pdf di laptop dan android dengan mudah. Tutorial ini sangat sederhana karena dapat dilakukan secara online ataupun offline. Tanpa harus melakukan pendaftaran, kamu sudah bisa menggabungkan file pdf secara cepat dan gratis.

Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan SmallPDF – Online

Cara pertama ini dapat Anda gunakan jika Anda memiliki akses internet yang memadai. Jika Anda tidak memilikinya, Anda boleh membaca cara kedua yang telah berhasil saya tulis di bawah panduan ini.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silakan kunjungi halaman berikut ini smallpdf.com/merge-pdf
  2. Klik menu Pilih untuk mengupload file pdf yang ingin Anda gabungkan.
  3. Tunggu sampai proses upload selesai.
  4. Silakan edit file pdf yang telah anda upload, bisa dengan merubah posisinya, bisa juga dengan menambah halaman pdf yang baru. Untuk selengkapnya, silakan lihat gambar yang ada di bawah ini.
  5. Setelah selesai di edit, silakan klik menu Gabungkan PDF untuk menuju proses terakhir. Tunggu sampai proses kompres selesai dan Anda akan mendapati file pdf tersebut sudah menjadi satu.

Penjelasan Tool di SmallPDF:

  • Drop PDF File Here: Tombol ini berguna untuk mengunggah file pdf Anda dan mengurutkannya secara langsung. Disini, Anda hanya perlu menekan halaman tersebut dan memindahkannya sesuai keinginan Anda.
  • Tambah PDF Lagi: Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menambah lembar kerja atau file pdf lainnya dengan lebih mudah.
  • Tambahan: Di dalam tool ini tersedia 2 mode utama. Mode Halaman dan juga Mode File. Moda Halaman adalah mode dimana kita bisa mengedit file pdf bedasarkan halaman lembar kerja. Sedangkan Mode File adalah mode dimana kita dapat mengedit dan menggabungkan beberapa file pdf secara langsung. Berikut contoh Mode File yang berhasil kami tangkap :

Cara Menggabungkan File PDF secara Offline Menggunakan Adobe Acrobat Pro 

Jika untuk menggunakan cara sebelumnya Anda harus memiliki akses internet, maka di panduan ini Anda tidak memerlukannya sama sekali. Hanya dengan bermodalkan software Adobe Acrobat Pro, Anda bisa menggabungkan banyak file pdf dengan sangat mudah.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silakan buka aplikasi Adobe Acrobat Pro yang Anda miliki. Jika Anda belum memilikinya, silakan download di halaman berikut ini https://acrobat.adobe.com/us/en/free-trial-download.html
  2. Setelah berhasil dibuka, silakan pilih menu Tools untuk melanjutkan. 
  3. Selanjutnya pilih Combine Files untuk menggabungkan file pdf yang Anda punya. 
  4. Klik menu Add Files jika Anda ingin menambahkan file pdf lainnya. 
  5. Untuk mengurutkan susunan file pdf, Anda dapat memindahkan file pdf sesuka hati Anda.
  6. Klik Combine dan simpan file pdf yang telah kamu buat. 

Tambahan:

  • Untuk menghapusnya, silakan klik kanan pada salah satu file pdf tersebut lalu pilih tombol Remove untuk menyingkirkan file pdf yang Anda kehendaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here