Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa semakin tinggi level yang kita capai, maka tingkat persaingan akan semakin ketat. Pemain biasanya memilih menggunakan perangkat gaming yang lebih dari sekadar keyboard dan mouse biasa untuk bermain, contohnya seperti mouse gaming dengan lebih banyak tombol yang mana dapat membantu meningkatkan skill pemain untuk memenangkan game tersebut. Tetapi ada cara lain untuk bagi kita untuk meningkatkan skill hanya dengan menggunakan mouse biasa.

Cara untuk mengubah mouse biasa menjadi mouse macro kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi yang disebut X-Mouse Button Control. Melalui aplikasi ini, bagian roda srcoll mouse dapat digunakan sebagai tombol tambahan yang akan kita konfigurasikan agar berfungsi sebagai salah satu tombol F (misalnya F1, F2, F3, A, B, C … dan lainnya).

Tentu, Anda biasanya dapat menggunakan tombol-tombol mouse atau keyboard gaming agar lebih cepat. Namun, harap dicatat bahwa Anda tidak bisa menemukan lebih dari satu fungsi pada sebuah tombol. Sebagai contoh, kita dapat menentukan tombol mana yang dapat digunakan untuk menembak. Namun, akan dianggap ilegal jika menetapkan tombol untuk menembak lalu mengisi peluru. Dengan demikian, tidak masalah jika tindakan dilakukan dengan menekan kombinasi tombol (misalnya CTRL + F2) atau satu tombol (misalnya F2).

Cara Mengubah Mouse Biasa Menjadi Macro

Selain itu, saya merekomendasikan aplikasi ini untuk mengubah mouse biasa menjadi macro adalah karena fungsinya yang sangat baik dan tentu saja dapat diakses secara GRATIS.

Langkah pertama, silakan download aplikasi ini terlebih dahulu.

Download

Setelah berada di halaman download, silakan klik tombol “Latest Version” dan tekan untuk memulai unduhan. Anda juga dapat menggunakan tombol / opsi “Portable Version” dengan ini Anda tidak perlu menginstalnya di komputer Anda.

Seperti yang Anda lihat, aplikasi ini sangat kecil karena tidak lebih dari 5MB.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, carilah aplikasi tersebut dan klik dua kali di atasnya lalu lanjutkan untuk menginstal.

install aplikasi

Karena aplikasi ini berasal dari pihak ketiga, ada kemungkinan besar bahwa pesan dari Windows Security mungkin muncul, tetapi kamu bisa mengabaikannya karena ini bukan aplikasi yang berbahaya.

windows security

Cara Setting X-Mouse Button Control

Setelah diinstal, tampilan awal dari palikasi ini adalah sebagai berikut.

Tampilan Awal

Di sana Anda akan melihat sebuah sub menu dengan nama “Layer” yang tidak lain adalah nama dari setiap settingan yang telah Anda buat. Anda dapat membuat pengaturan sesuai dari apa yang Anda inginkan dan mengkonfigurasi masing-masing secara berbeda. Untuk memiliki lebih dari satu layer, cukup buka “Setings” dan pada jendela “Number of Layers” Anda dapat memasukkan jumlah layer yang ingin Anda buat.

Setting Layer

Selain itu, disarankan untuk memberi setiap layer nama di bagian “Layer Name“. Seperti nama karakter yang akan kamu gunakan hal ini demi memudahkan kamu untuk mengingat pengaturan yang telah kamu buat.

Anda harus tahu mana layer yang diterapkan dan akan digunakan pada saat itu jika Anda memiliki lebih dari satu. Susunannya terletak pertama dari tab kiri ke tab kanan.

Menambahkan Layer

Untuk menggunakan layer tertentu kita klik tombol dengan dua panah “> <” gunanya untuk mengubah urutan layer yang ingin kita gunakan. Ingat, bahwa layer yang berada di kiri akan digunakan pasa posisi pertama.

Menggeser Layer

Sekarang kita akan mengkonfigurasi tombol roda gulir sebagai F. Kita harus membuka program dan menggunakan gulir (Atas, bawah dan jika berfungsi sebagai tombol), Anda akan melihat bahwa beberapa bar menyala dengan warna kuning yang menunjukkan bahwa tombol ini adalah sesuai dengan tombol mouse (Juga di sebelah kiri Anda dapat melihat nama tombol tersebut).

Pengujian Mouse

Kemudian kami klik pada bilah atau pada simbol gear dan kemudian memilih opsi “Simulated Keys: (undefined)“.

Simulated Keys

Di jendela baru ini kita pergi ke bagian “Enter the custom key (s)” dan tulis perintah {FX} di mana X adalah nomor F yang ingin kita konfigurasi (Misalnya {F1}) dan tekan tombol “OK“.

Custom 1

Custom 2

Terakhir, kita dapat mengeklik tombol “Apply” untuk menerapkan semua konfigurasi yang telah dibuat, sekarang roda mouse Anda akan berfungsi sebagai F seperti yang sudah Anda konfigurasikan. Jika mouse Anda memiliki tiga tombol (Atas, bawah dan di tengahnya) Anda dapat mengonfigurasikan masing-masing sebagai F yang berbeda.

Bisa Digunakan

Demikianlah artikel tentang cara mengubah mouse biasa menjadi macro lengkap dengan gambar dan konfigurasinya. Semoga artikel ini berhasil dan bermanfaat untuk pembaca.

Baca Juga: