Untuk Anda yang gemar menuliskan berbagai macam tutorial gadget, saya yakin Anda pasti kenal dengan yang namanya screenshot. Screenshot adalah suatu proses menangkap layar dan mengubahnya menjadi sebuah gambar ataupun video.

Dengan menyertakan screenshot, Anda dapat membuat sebuah panduan yang atraktif dan menarik untuk disimak. Tak hanya itu, screenshot juga dapat digunakan sebagai suatu bukti pembayaran yang telah Anda lakukan lho!

Tapi bagaimana sih cara mengambil screenshot di laptop dan komputer dengan benar?

Cara Screenshot di Laptop dan PC / Komputer dengan Mudah

Jika sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang aplikasi perekam layar android yang patut anda baca. Maka kali ini saya akan menulis artikel tentang cara mengambil screenshot di laptop dengan lebih mudah.

Nah berikut ini adalah 3 cara mengambil screenshot di laptop dan komputer yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar gadgetmu.

1. Menggunakan Tombol Print Screen + Paint

Pada dasarnya, semua laptop ataupun komputer telah mendukung fitur screenshot dengan  adanya tombol PrtSc SysRq. Baik Laptop Asus, Toshiba, Acer, Lenovo ataupun perangkat lainnya pasti telah menyediakan tombol ini di dalam keyboard mereka.

Namun tak jarang, ada saja pengguna laptop yang tidak sadar akan keberadaan tombol ini.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengkombinasikannya dengan aplikasi Paint yang sudah terinstal di laptop Anda. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih halaman yang ingin Anda screenshot.
  • Tekan tombol PrtSc ScrRq yang ada di keyboard laptop Anda. Cukup sekali saja ya!
  • Buka aplikasi Paint yang Anda miliki.
  • Tekan CTRL+V untuk mem-paste tangkapan Anda.
  • Kemudian, simpan screenshot tersebut di folder yang Anda inginkan.

2. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + Print Screen

Jika Anda ingin mengambil screenshot tanpa harus melalui proses editing, maka cara ini patut untuk Anda gunakan. Cukup hanya dengan menekan tombol Windows dan PrtScn di keyboard secara bersamaan, gambar akan tersimpan secara otomatis.

Adapun langkah-langkah untuk mengambil screenshot di laptop sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows dan PrtScn secara bersamaan.
  • Tunggu hingga layar mengeluarkan kedipan sesaat.
  • Periksa file screenshot di folder Local Disk C:\This PC\Pictures\Screenshots

Sangat mudah bukan?

3. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Aplikasi Snipping Tool merupakan software bawaan yang  langsung terinstal secara otomatis di laptop Anda. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa menangkap layar secara keseluruhan ataupun hanya setengah bagian.

Jika Anda ingin menggunakannya, silakan ikuti video tutorial di bawah ini.

Sekian artikel cara screenshot di laptop dan komputer yang berhasil kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here