IDKurir.web.id – Mau tahu cara screenshot Samsung Galaxy A80 tanpa menggunakan tombol? Kamu bisa menggunakan fitur gesture atau palm swipe lho. Namun bila kamu sudah terbiasa menggunakan cara manual, saya juga masih menyediakan tutorial dengan tombol fisik kok.

Samsung Galaxy A80 merupakan salah satu smartphone terbaru Samsung dari A Series yang akan bertarung di level high-end. Dibanderol dengan harga sembilan jutaan, smartphone ini diklaim membawa teknologi yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Untuk spesifikasinya, Samsung Galaxy A80 menggunakan prosesor octa-core dengan chipset Snapdragon 730 yang akan dikombinasikan dengan RAM 8GB dengan GPU Adreno 618 pada sektor grafisnya.

Satu hal yang disayangkan dari smartphone ini adalah tidak ketersediaannya slot microSD. Namun walaupun begitu, kapasitas penyimpanan dari smartphone in sudah sangat lega berkat adanya internal memori sebesar 128GB.

Seperti smartphone kekinian lainnya, Samsung Galaxy A80 juga telah mendukung fitur Fingerprint under Display. Fitur ini memungkinkan kamu menggunakan sensor fingerprint pada layar smartphone.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A80 Tanpa Tombol

Seperti janji saya di awal artikel ini, saya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara mengambil screenshot Samsung Galaxy A80 ini. Untuk tutorial pertama, kamu bisa screenshot tanpa menggunakan tombol. Adapun  tutorial ini terbagi dalam dua cara yakni:

Screenshot dengan Fitur Palm Swipe

  1. Buka menu Setting pada smartphone Anda.
  2. Gulir layar dan pilih Advanced Feature.
  3. Tap pilihan Motion and Gesture.
  4. Lalu aktifkan opsi Palm Swipe to capture.
  5. Setelah aktif, pilih halaman yang ingin Anda screenshot.
  6. Usap layar menggunakan samping telapak tangan.
  7. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di Galeri smartphone Anda.

Screenshot dengan Palm Swipe

Screenshot dengan Google Assistant

  1. Pilih halaman yang ingin Anda screenshot.
  2. Kemudian tekan tombol Home dalam beberapa detik hingga Google Assistant muncul.
  3. Setelah muncul, ucapkan “Take Screenshot” dengan jelas.
  4. Secara otomatis, Google Assistant akan mengambil screenshot dan menyimpannya di Galeri Anda.

Nah setelah tahu tutorial screenshot tanpa menggunakan tombol di Samsung Galaxy A80, ada baiknya jika kamu membaca tutorial lainnya juga. Cara berikutnya adalah tutorial untuk mengambil screenshot dengan tombol fisik, ini sangat bermanfaat jika tutorial sebelumnya tidak bekerja dengan baik.

Screenshot dengan Tombol Fisik

  1. Pilih halaman yang ingin Anda screenshot.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  3. Dalam beberapa detik akan terdengar suara shutter pertanda screenshot telah berhasil.
  4. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di Galeri smartphone.

Terimakasih telah membaca artikel bertajuk cara screenshot Samsung Galaxy A80 dengan mudah. Semoga artikel ini berhasil dan berguna untuk kalian semua.

Baca Juga