Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh bisnis plan atau proposal rencana usaha yang dapat Anda modifikasi sesuai dengan ide  bisnis yang Anda miliki. Jika Anda memerlukan file yang sudah memenuhi kaidah penulisan bisnis plan, kami juga menyediakan contoh file gratis berbentuk pdf yang ada di akhir artikel ini.

Contoh Bisnis Plan

Berikut ini adalah contoh penulisan bisnis plan yang cocok untuk mahasiswa disertai dengan link downnload berbentuk pdf.

Bab 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Terbatasnya lahan seiring dengan jumlah pertumbuhan penduduk menjadi masalah tersendiri terutama untuk pengembangan investasi berbasis lahan seperti peternakan. Dampak yang ditimbulkan dari penyusutan lahan peternakan yaitu menurunnya jumlah produksi daging lokal yang mana akan meningkatkan ketergantungan pada pangan impor serta menurunnya investasi dalam negeri di sektor peternakan. Dampak lainnya adalah hilanngnya kesempatan kerja bagi peternak dan adanya kemungkinan alih profesi dari peternak menjadi buruh di perusahaan industri.

Padahal selama lima tahun terakhir, harga daging terus mengalami peningkatan terutama saat menjelang hari besar seperti Hari Raya Idulfitri. Hal ini disebabkan karena kapasitas produksi dalam negeri belum mampu mengimbangi jumlah konsumsi yang kian meningkat. Maka tidak heran, jika volume impor atas daging sapi terus mengalami peningkatan. Jika hal ini terus terjadi, impian untuk swasembada daging sapi di tahun 2026 sangat sulit untuk dicapai.

Untuk menjawab masalah ini, kelompok kami akan memulai bisnis dimana bisnis ini cukup menjanjikan yaitu mendukung terciptanya swasembada daging nasional dengan cara menyediakan layanan investasi hewan ternak berbasis aplikasi yang akan kami beri nama iNimal. Melalui program ini, pengguna dapat berinvestasi hewan ternak sekaligus mendukung perekonomian masyarakat daerah.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara meningkatkan produksi daging lokal?
2. Bagaimana cara beternak ketika tidak memiliki lahan?

1.3 Tujuan Kegiatan
Meningkatkan produksi daging lokal dan menyejahterakan masyarakat daerah dengan cara memberikan kemudahan bagi orang lain untuk menginvestasikan dananya di sektor peternakan.

1.4 Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari usaha ini yaitu ikut mendukung program pemerintah demi terciptanya swasembada daging nasional. Melalui layanan web dan aplikasi ini, diharapkan pengguna dapat menginvestasikan dananya di sektor peternakan dengan mudah. Selain itu, usaha ini juga akan menghasilkan sebuah artikel tentang kewirausahaan.

1.5 Manfaat Kegiatan
Dengan menghasilkan suatu layanan berbasis web dan aplikasi bernama iNimal diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berinvestasi di sektor peternakan terutama bagi mereka yang ingin memiliki ternak namun terkendala oleh lahan dan waktu yang terbatas.

Hadirnya iNimal sebagai salah satu layanan yang memudahkan semua orang untuk berinvestasi ternak secara tidak langsung akan meningkatkan produksi daging lokal sebagai salah wujud dukungan terhadap program pemerintah untuk terciptanya swasembada daging nasional.

Selain itu, dengan menyediakan layanan jasa iNimal maka akan menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat desa terutama untuk mengurus ternak. Jika usaha terus berkembang, artinya tenaga kerja yang dibutuhkan akan semakin banyak sehingga manfaat ganda yang dapat diperoleh adalah terciptanya kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat daerah.

Bab 2 : Gambaran Umum Rencana Usaha

2.1 Gambaran Usaha
Meningkatnya penggunaan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan sebagai peluang untuk memperkenalkan layanan iNimal kepada khalayak ramai. Peluang pasar yang dimiliki oleh usaha ini sangat baik mengingat tingginya permintaan atas daging dan kemudahan berinvestasi yang ditawarkan oleh layanan ini.

Untuk mengawali kegiatan usaha ini, kami akan membuka kesempatan kerja bagi penduduk desa yang terampil dalam mengurus hewan ternak. Hal ini menjadi fokus utama kami mengingat keahlian tersebut menjadi kunci awal kesuksesan usaha ini. Selain itu, kebersihan kandang dan disiplin waktu menjadi hal yang harus kami perhatikan demi kesehatan ternak.

Produk investasi yang kami tawarkan adalah kambing, domba, dan sapi yang memiliki jumlah permintaan sangat tinggi. Dengan begitu, baik pengelola dan investor bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ini. Desain website dan aplikasi pun sudah kami pikirkan. Dengan bantuan tema Urna dari Themeforest, kami berupaya untuk membuat halaman pengguna yang menarik dan mudah untuk dimengerti.

2.2 Peluang Usaha
1. Strength (Kekuatan)

  • Ikut mendukung program pemerintah agar terciptanya swasembada daging nasional.
  • iNimal diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah.
  • Pengguna dapat berasal dari seluruh wilayah Indonesia.
  • Dapat diakses melalui smartphone, baik menggunakan layanan web atau aplikasi.
  • Didukung dengan desain tema yang menarik dan kreatif.
  • Promosi dapat dilakukan melalui jaringan sosial media.

2. Weakness (Kelemahan)

  • Usaha baru yang belum dikenal oleh masyarakat luas.
  • Lemahnya daya saing pada tahap permulaan.

3. Opportunity (Kesempatan)

  • Jumlah pesaing yang masih sedikit
  • Rasa ingin tahu masyarakat Indonesia terhadap layanan baru

4. Threat (Ancaman)

  • Modal usaha yang minim
  • Adanya plagiarisme
  • Keaslian data pengguna

2.3 Analisis Kelayakan Usaha
Untuk perhitungan perencanaan keuangannya selama setahun adalah sebagai berikut:

1. Biaya Tetap dan Biaya Variabel dalam 1 Bulan

  • Gaji Pegawai (Biaya Tetap) 2 orang x @ Rp 500.000  = Rp 1.000.000
  • Pakan (Biaya Variabel) Rp 960.000 = Rp 960.000
  • Transportasi (Biaya Variabel) 2 kali x @ Rp 7.650 = Rp 15.300
  • Total Rp 1.975.300

Artinya biaya yang dikeluarkan selama setahun adalah
= Biaya Total x 12
= Rp 1.975.300 x 12
= Rp 23.703.600

2. Pendapatan dalam 1 Tahun

  • Penjualan Sapi 3 ekor sapi x @ Rp 7.000.000 = Rp 21.000.000
  • Pendapatan dari Asuransi Rp 50.000 (untuk 4 bulan) x 3 Rp 150.000
  • Penjualan Pupuk Kompos dari Kotoran Sapi 20 Kg x @ Rp 10.000 x 12 Bulan = Rp 2.400.000
  • Biaya Perawatan dan Pakan yang Disetorkan oleh Investor Rp 2.500.000 (untuk 4 bulan) x 3 = Rp 7.500.000
  • Total Rp 31.050.000

Artinya pendapatan yang didapatkan selama setahun adalah
= Rp 31.050.000

3. Penghasilan Kotor dan Penghasilan Bersih Selama 1 Tahun

a) Penghasilan Kotor
= Total Pendapatan – Biaya Tetap
= Rp 31.050.000 – (Rp 1.000.000 x 12)
= Rp 31.050.000 – Rp 12.000.000
= Rp 19.050.000

b) Penghasilan Bersih
= Total Pendapatan – (Biaya Tetap + Biaya Variabel)
= Rp 31.050.000 – Rp 23.703.600
= Rp 7.346.400

Bab 3 Metode Pelaksanaan

3.1 Tahap Persiapan
Untuk memulai usaha ini, kami akan mengumpulkan orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap iNimal. Kemudian kami akan membentuk sebuah komunitas yang terdiri dari pengelola dan mitra (peternak). Melalui komunitas ini, kami akan berusaha untuk mempromosikan iNimal hingga dikenal oleh banyak orang.

3.2 Tahap Pembuatan Website dan Aplikasi
Untuk memudahkan pengguna, kami menyediakan layanan investasi ternak berbasis web dan aplikasi. Adapun tahapan untuk pembuatan website dan aplikasi iNimal adalah sebagai berikut :

  1. Membeli VPS (server) dan domain .id
  2. Membangun sebuah website dengan menggunakan CMS WordPress.
  3. Memastikan bahwa domain yang terinstal sudah mendapatkan sertifikat SSL agar memberikan rasa aman bagi pengguna.
  4. Memasang tema Urna yang kami beli dari Themeforest.
  5. Memasang plugin WooCommerce yang bisa didapatkan secara gratis.
  6. Menghias tampilan website secantik mungkin sesuai dengan model usaha yakni investasi hewan ternak. Termasuk mengatur diksi dan kosa kata yang menarik bagi pengguna.
  7. Memperkaya fitur seperti layanan pesan yang langsung terhubung dengan Whatsapp.
  8. Setelah pembuatan website selesai, dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi sesuai tampilan website yang dapat dilakukan dengan coding.

3.3 Tahap Pengujian
Pada tahap ini dilakukan pengujian terhadap website dan aplikasi yang telah dibuat. Pengujian yang dilakukan pada layanan web seperti pengujian setifikat SSL, pengujian responsivitas di semua perangkat, pengujian menu yang telah dibuat, dan pengujian fitur-fitur lainnya untuk mengantisipasi eror pada layanan web. Sedangkan pengujian yang dilakukan pada aplikasi meliputi pengujian intergrasi untuk menghindari eror, pengujian sistem, dan pengujian penerimaan.

Pada tahap ini, kami juga akan meminta pendapat responden yang dipilih secara acak untuk menilai kualitas dari layanan web dan aplikasi yang telah dibuat. Penilaian ini akan menjadi pertimbangan kami untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

3.4 Proses Pemasaran
a. Segmentasi Pasar
Sasaran usaha ini adalah seluruh warga negara Indonesia, khususnya yang ada di wilayah Provinsi Lampung.

b. Target Pasar
Target pasar dari usaha ini adalah laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 18-50 tahun.

c. Posisi dalam Pasar
Usaha ini menempatkan diri sebagai pioner pendukung program pemerintah demi terciptanya swasembada daging nasional.

d. Strategi Pemasaran
Penyebaran informasi dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Penyebaran informasi yang dilakukan secara langsung dapat dimulai oleh anggota komunitas yang nantinya akan tersebar dari mulut ke mulut. Dapat pula dilakukan melalui aktivitas kewirausahaan seperti seminar dan pameran. Untuk penyebaran informasi yang tidak dilakukan secara langsung dapat melalui media sosial seperti Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

3.5 Tahap Penerapan
a. Mengakses Layanan iNimal
Layanan iNimal akan hadir dalam bentuk website dan juga aplikasi. Sehingga iNimal dapat ditemukan melalui mesin pencari seperti Google dan Google Play Store.

b. Mendaftar Sebagai Investor
Untuk menjadi investor, pengguna dapat melakukan pendaftaran melalui website dan aplikasi. Syarat yang harus dimiliki oleh calon investor adalah email dan nomor telepon aktif yang digunakan untuk proses verifikasi.

c. Mendaftar Sebagai Mitra (Peternak)
Untuk menjadi mitra, pengguna dapat mengirimkan permohonan melalui kontak yang tersedia untuk dilakukan survei secara langsung. Adapun syarat untuk menjadi mitra yaitu berusia di atas 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan mau bekerja keras.

d. Produk Investasi yang Tersedia
Target kami adalah menyediakan tiga hewan ternak sebagai produk investasi yang mana terdiri dari kambing, domba, dan sapi.

e. Cara Membeli Hewan Ternak
Untuk melakukan pembelian, pengguna harus terdaftar sebagai anggota dari iNimal. Setelah itu, pengguna dapat memilih hewan ternak yang ingin dibeli lalu melakukan pembayaran disertai dengan biaya perawatan, biaya pakan, dan biaya asuransi untuk jangka waktu 120 hari.

f. Metode Pembayaran
Untuk metode pembayaran, iNimal akan menyediakan berbagai macam pilihan seperti transfer bank, gopay, dan ovo.

g. Layanan Lain
Selain menyediakan layanan investasi hewan ternak, kami juga ingin mengembangkan usaha ini dengan menyediakan layanan akikah dalam rangka memenuhi permintaan pasar terhadap kambing. Selain itu iNimal juga akan menyediakan layanan kurban dalam rangka memenuhi permintaan pasar terhadap sapi dan kambing saat Hari Raya Iduladha.

Daftar Pustaka

Hadya Jayani, Dwi. 2019. Berapa Volume Daging Sapi yang Diimpor Indonesia?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/15/berapa-volume- daging-sapi-yang-diimpor-indonesia (diakses pada 16 Desember 2019)

Etha Ramaida Manalu, Juli. 2018. Solusi Keterbatasan Lahan: Efisiennya Beternak Sapi di Kebun Sawit. https://sumatra.bisnis.com/read/20181121/452/861534/solusi- keterbatasan-lahan-efisiennya-beternak-sapi-di-kebun-sawit (diakses pada 16 Desember 2019)

Bagaimana, sudah ada gambaran belum mengenai contoh bisnis plan ini?

Business plan atau rencana bisnis merupakan dokumen yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya dokumen ini, Anda jadi tahu kemana bisnis Anda akan berkembang. Jika dilihat-lihat, bisnis plan ini memang hampir mirip dengan contoh bisnis model canvas, bedanya BMC dibuat lebih ringkas untuk memetakan usaha.

Jika Anda ingin memodifikasi contoh bisnis plan ini, silakan gunakan file pdf berikut agar penulisannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Contoh Bisnis Plan PDF

Demikian artikel mengenai contoh bisnis plan, semoga artikel ini berhasil dan bermanfaat bagi para pembaca. Tetap baca artikel lainnya agar ilmu Anda bertambah dan sukses menjalankan bisnis.