IDKurir.web.id – Nggak usah galau, beginilah cara mengatasi kamera depan terbalik di hp xiaomi, samsung, google pixel, dan lainnya.

Ketika memiliki smartphone baru, hal pertama yang biasa dicoba oleh pengguna adalah mencoba kualitas kamera depan dari ponsel tersebut. Wajar saja, mengingat belakangan ini trend selfie sedang menjamur di kalangan anak muda.

Namun apakah Anda menyadari bahwa gambar yang diambil dari kamera depan smartphone Anda ternyata dicetak terbalik? Jika itu terjadi, maka semua foto selfie yang Anda ambil sejauh ini mungkin telah disimpan sebagai gambar cermin.

Gambar cermin adalah kondisi dimana saat Anda melihat gambar yang diambil, maka Anda akan melihat bahwa posisi object yang difoto akan terbalik seperti cermin.

Hal ini akan terlihat jelas ketika Anda mengambil foto selfie dengan latar belakang tulisan, maka tulisan tersebut akan dibalik secara horizontal. Kebayangkan tulisannya bakal seperti apa? Yang pasti bakal sulit untuk dibaca.

Lalu apakah kejadian yang terjadi pada smartphone Anda dapat dikategorikan sebagai masalah yang serius? Tentu saja tidak. Hal ini memang sudah biasa terjadi pada beberapa smartphone terutama smartphone yang baru Anda beli.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kamera depan android yang terbalik seperti cermin untuk semua merk hp? Untuk selengkapnya silakan simak tutorial yang ada di bawah ini!

Cara Mengatasi Kamera Depan Terbalik dengan Mudah

Beruntungnya tidak semua merk hp mengalami masalah seperti ini. Dari beberapa pengalaman pengguna, kejadian seperti ini biasa muncul pada hp xiaomi dan juga samsung.

Jika Anda belum mengubah pengaturan default pada smartphone baru Anda, bisa jadi kamera depan smartphone Anda memang sengaja di setel oleh pihak Produsen agar menampilkan efek terbalik atau cermin.

Saya pribadi tidak melihat manfaat apapun dengan adanya efek cermin ini. Mengingat bahwa tampilan preview kamera depan pada smartphone sebelum mengambil gambar terlihat alami seperti yang kita inginkan.

Baca juga : Cara Download Video Youtube di HP Android

Hal aneh terjadi ketika gambar sudah tersimpan di galeri tiba-tiba semua gambar yang diambil akan berubah terbalik. Dengan ini kita diharuskan untuk lebih peduli tentang tampilan saat mengambil gambar menggunakan kamera depan sekaligus hasil gambar yang telah tersimpan.

Saya pribadi lebih suka jika gambar yang tersimpan harus sama persis seperti saat sebelum kita mengambil gambar. Ya intinya sih biar terlihat alami.  Nah untuk menonaktifkan efek cermin ini Anda harus mengubah beberapa pengaturan kamera bawaan agar foto yang dihasilkan terlihat natural.

Pengalaman saya menggunakan hp xiaomi dan samsung membuat saya jadi mengerti bagaimana cara mengatasi kamera depan terbalik ini. Dan tak perlu khawatir, karena sebenarnya cara memperbaikinya pun sangat mudah.

Xiaomi

Pada smartphone Xiaomi, Anda bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini.

Baca juga : 5 Hero Counter Fanny Mobile Legends

  • Buka aplikasi kamera di smartphone Xiaomi
  • Silakan pilih kamera depan
  • Tekan menu setting atau opsi

Cara Mengatasi Kamera Depan Terbalik Xiaomi

  • Setelah halaman pengaturan terbuka, silakan pilih menu Mirror Front Camera atau Cermin Kamera Depan. Setelah atur ke pilihannya dari on menjadi off.
  • Keluar dari pengaturan untuk menyimpan setelan
  • Ambil foto percobaan dari kamera depan untuk melakukan percobaan.
  • Setelah menonaktifkan fitur Mirror Front Camera, hasil gambar atau foto akan terlihat lebih alami.

Samsung dan Merk Lainnya

Sedangkan pada smartphone Samsung dan merk lainnya, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Baca juga : Cara Menonaktifkan WA untuk Sementara

  • Silakan buka aplikasi kamera
  • Pilihlah kamera depan untuk memulai setelan
  • Ketuk tombol opsi atau icon berbentuk roda bergerigi

Cara Mengatasi Kamera Depan Terbalik di HP Samsung

  • Pada halaman Camera Setting atau Pengaturan Kamera, carilah menu Save Pictures as Previewed atau Simpan Gambar sesuai Pratinjau.

Cara Mengatasi Kamera Depan Terbalik Samsung

  • Keluar dari pengaturan
  • Lakukan percobaan pada kamera depan
  • Nah sekarang foto atau gambar yang dihasilkan akan terlihat realistis, sebagaimana aslinya.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi kamera depan terbalik di hp xiaomi dan samsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya ya.