IDKurir.web.id – Apakah kehadiran League of Legends atau yang biasa disebut LoL Wild Rift dapat mengalahkan Mobile Legends di indonesia? Kita analisa disini.

Perilisan game terbaru yakni League of Legends Wild Rift memang menyita banyak perhatian publik terutama penggiat game MOBA seperti Mobile Legends. Kehadiran game ini juga seakan menjadi nafas baru terutama bagi para elitis MOBA yang anti dengan game Mobile Legends karena terkenal burik dengan grafis 8 bit.

Berbeda dengan persaingan game Battle Royale antara PUBG Mobile dan Free Fire yang bisa terbilang stabil, persaingan game MOBA di Indonesia memang bisa dibilang tidak sehat. Monopoli game MOBA yang dilakukan oleh Moonton selama 3 tahun penuh ini adalah sebuah pencapaian yang sangat besar.

Mobile Legends dan Pencaipannya

Selama ini pula, Mobile Legends selalu menempati posisi puncak di kategori Game Gratis Populer di Google Play Store dan posisi nomor dua untuk kategori Game Terlaris Populer setelah Free Fire.

Tentu ini adalah pencapaian yang sangat fantastis mengingat sejak tahun 2018 yang lalu, banyak Youtuber ataupun analisis game yang memprediksi bahwa Mobile Legends merupakan sebuah game musiman yang akan tenggelam dengan seiringnya waktu, contohnya seperti Among Us. Namun semua itu benar-benar terbantahkan.

Baca Juga: Penyesuaian Pangkat Mobile Legends Turun Season

Bukan tanpa persaingan, bahkan sebenarnya beberapa game bergenre MOBA pernah mencoba peruntungan untuk mengalahkan popularitas Mobile Legends di Indonesia sebut saja Arena of Valor, Vainglory, Marvel Super War, Onmyoji Arena, Heroes Evolved dan masih banyak lainnya.

Tapi semuanya hanya berakhir dengan kekalahan dan berujung menjadi dead game. Mangapa hal itu bisa terjadi?

Mobile Legends Memiliki Komunitas Game Terbesar di Indonesia

Fans RRQ

Berbeda dengan beberapa game MOBA kebanyakan, komunitas Mobile Legends di Indonesia bisa dibilang sangat besar. Hampir di seluruh pelosok desa, mengenal bahkan pernah mengadakan tournament kecil-kecilan untuk memeriahkan desanya.

Kecintaan gamer Indonesia terbukti dengan terpecahkannya rekor penayangan (peak views) pertandingan esport di seluruh dunia pada tahun 2020 yang mana posisi pertama masih diduduki oleh Mobile Legends dengan acara MPL Indonesia S6 dengan total peak views mencapai 2,9 juta untuk pertandingan RRQ melawan Alter Ego. Kemudian di posisi kedua ada LoL World Championship 2020 dengan peak views 1,7 juta.

Baca Juga: Jadwal Skin Zodiac Mobile Legends

Lalu bagaimana dengan nasib LoL Wild Rift di Indonesia?

Berbeda dengan MOBA sebelumnya yang rilis dengan tangan kosong. LoL: Wild Rift bisa dibilang memiliki nama besar di seluruh dunia dengan sejumlah pemain veteran di Indonesia.

Berbekal komunitas LoL yang cukup besar ditambah dengan puluhan ribu player elitis, saya rasa masih kurang untuk menyaingi komunitas Mobile Legends di Indonesia.

RRQ Lemon vs Jess No Limit, Siapa Aktor Utama Terkuat?

Lemon

Tak bisa disangkal bahwa Lemon adalah salah satu orang yang berperan penting dalam mempopulerkan game Mobile Legends di Indonesia. Tidak hanya itu, the face from RRQ ini juga memiliki kepribadian yang tidak biasa, pendiam dan tidak sombong sehingga banyak dicintai oleh para fansnya.

Tak hanya di Indonesia, fans Lemon banyak sekali berasal dari berbagai negara di SEA. Menariknya, beberapa player dari EVOS Singapore mengaku mengidolakan Lemon dan ingin melawannya di tournamen besar.

Fakta Menarik

Sebagian besar fans dari Lemon adalah fans RRQ dan sebagian besar player Mobile Legends juga fans Lemon. Lemon adalah Mobile Legends dan Mobile Legends adalah Lemon.

Hadirnya Lemon dalam berbagai tournamen besar Mobile Legends Indonesia tidak hanya pencapaian untuk RRQ namun juga pencapaian Moonton. Bagaimana sebuah game menciptakan aktor utama yang memiliki banyak fans adalah keberhasilan untuk game tersebut.

Baca Juga: Cara Mendapatkan 1000+ Crystal of Aurora, Nyaris Gratis!

Lalu bagaimana dengan nasib LoL: Wild Rift?

Di tengah kemeriahan MPL ID S6, Riot Games mencoba menggempur pasar MOBA dengan meluncurkan game LoL: Wild Rift. Tak tanggung-tanggung, LoL bergerak cepat dengan memboyong Jess No Limit selaku Youtuber Gaming Indonesia dan juga mantan pro player Mobile Legends dalam sebuah video iklannya.

Di minggu pertama rilisnya League of Legends Wild Rift di Play Store, game ini berhasil mengumpulkan 10 juta unduhan dan menempati posisi ke-4 untuk Game Gratis Populer. Sayangnya, saat artikel ini diluncurkan LoL: Wild Rift tertendang jauh ke posisi 41. Tentu ini bukanlah hal yang baik.

Kesimpulan

Mampukah LoL Wild Rift mengalahkan Mobile Legends di pasar MOBA Indonesia? Menurut analisa kami, ini adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan mengingat besarnya komunitas ML di Indonesia dan belum pensiunnya Lemon selaku aktor utama Mobile Legends.