Ketika virus corona (COVID19) dinyatakan sebagai pandemi, perusahaan di seluruh dunia menutup kantor dan memindahkan karyawan ke pekerjaan jarak jauh. Artinya pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan di kantor kini dapat diikerjakan dari rumah saja.

Majalah internasional, Time Magazine bahkan menyebut ini sebagai eksperimen “kerja dari rumah terbesar di dunia”. Ketika karyawan memadati kantor pusat mereka yang baru dibangun, salah satu hal yang dapat kita lihat di COVID19 adalah bagaimana pekerjaan jarak jauh dapat berhasil dalam skala besar.

Hanya beberapa dekade yang lalu, sebagian besar peluang kerja yang dikerjakan secara remote (dari rumah) jauh dari kata menguntungkan. Bahkan sebelum Internet, sangat sulit untuk mengklasifikasikan apakah pekerjaan tersebut penipuan atau peluang nyata.

Beberapa lowongan pekerjaan sebelumnya termasuk program pencairan cek, belanja misteri, pekerjaan penagihan medis yang mengharuskan Anda membeli perangkat lunak komputer yang mahal, dan pekerjaan kerajinan tangan yang mengharuskan Anda membayar tunai sebagai ganti persediaan sesegera mungkin. Jangan pula melupakan penipuan pengisian amplop yang terkenal, yang tidak lebih dari skema MLM yang dirancang untuk mengambil uang dari sebanyak mungkin orang.

Seperti kata pepatah lama: “Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka terjadilah.” Tapi apa itu bisa?

Di tahun 2021 dan seterusnya, sistem bekerja dari rumah atau work from home yang bermasalah tentu masih ada. Namun kemajuan teknologi dan kelahiran media sosial telah mengantarkan gelombang baru pekerjaan semacam itu, yang sebenarnya legal.

Sebuah studi 2017 oleh Aliansi Upwork dan Freelancers bahkan memperkirakan bahwa dalam sepuluh tahun ke depan, lebih dari separuh tenaga kerja akan menjadi wiraswasta. Pasalnya, hampir 50% milenial sudah berwiraswasta.

Peluang Pekerjaan di Masa Depan

Jika Anda ingin memasuki masa depan dengan keterampilan nyata bergaji tinggi, lihat pekerjaan nyata ini dari pekerjaan rumahan pada tahun 2021 dan seterusnya:

Asisten Virtual

Ada begitu banyak bisnis yang beroperasi dengan sistem yang seluruhnya berjalan dengan online, tidak mungkin bertemu banyak orang. Memberikan jasa sewa asisten virtual untuk membantu mereka agar tetap teratur dan menyelesaikan tugas manajemen adalah langkah brilian.

Menurut Asosiasi Asisten Virtual Internasional, karyawan ini adalah “kontraktor independen yang (dari daerah terpencil, biasanya rumah atau kantor mereka) mendukung banyak klien di semua lapisan masyarakat dengan menyediakan layanan administratif, kreatif, dan teknis.”

Meskipun tugas asisten virtual sangat bervariasi, tugas dapat mencakup menulis dan menanggapi email, membuat dan mendistribusikan dokumen terkait bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan banyak lagi. Lihat pekerjaan asisten virtual di situs seperti Upwork.com dan Zirtual.com.

Meskipun gaji bervariasi, gaji tahunan rata-rata untuk asisten virtual adalah sekitar Rp 400.000.000, dengan proporsi tertinggi adalah Rp 550.000.000. Namun, penghasilan Anda tergantung pada siapa Anda bekerja dan tingkat keterampilan yang Anda butuhkan untuk pekerjaan harian Anda.

Ahli Transkripsi Medis

Meskipun banyak transkripsi medis bekerja di rumah sakit atau kantor dokter, kebanyakan orang dapat bekerja dari rumah dan pada waktu atau tempat pilihan mereka. Karena tugas Anda melibatkan perekaman transkripsi dikte medis, komputer, meja, dan headset yang biasanya merupakan satu-satunya persyaratan setelah menyelesaikan program transkripsi medis tersier.

Menurut laporan Kementrian Ketenagakerjaan RI, pada Mei 2018, gaji rata-rata nasional seorang transkripsi medis adalah Rp 400.000.000, atau Rp 150.000 per jam. Meskipun banyak transcriptionists medis wiraswasta, banyak yang mencari pekerjaan melalui rumah sakit setempat, dokter, perguruan tinggi, atau sekolah kejuruan.

Pengisi Suara

Jika Anda terlahir dengan suara yang renyah dan enak untuk di dengar, Anda harus mencoba bisnis ini. Tidak perlu bernada tinggi, cukup dengan kemampuan verbal yang baik maka Anda sudah bisa menghasilkan uang. Maraknya konten berbasis video, memaksa konten kreator untuk mencari pengisi suara yang enak untuk di dengar.

Kemnaker mencatat bahwa pada tahun 2018, sekitar 78% pengisi suara adalah pekerja lepas. Gaji yang diterima oleh pengisi suara juga cukup besar sekitar Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 untuk setiap 1 buah projek video.

Konsultan

Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang tertentu, pertimbangkan untuk membagikannya kepada orang lain. Misalnya, jika Anda seorang akuntan atau pengacara, Anda dapat mendapatkan Rp 1.000.000 untuk memberikan sebuah nasihat kepada bisnis kecil. Anda juga dapat memberikan saran kepada perusahaan bagaimana menggunakan perangkat lunak baru atau bagaimana menjadi lebih ramah lingkungan.

Menurut data dari Kementrian Ketenagakerjaan RI, gaji seorang konsultan lebih dari Rp 450.000.000 dalam setahun. Pekerjaan ini dapat dikerjakan dari rumah namun dengan resiko dan pengetahuan yang tinggi.

Spesialis Keamanan Internet

Sebagai pakar keamanan Internet, Anda harus memantau jaringan Anda dari ancaman pengguna jahat. Untuk bekerja disektor ini, Anda harus tau apa saja aspek keamanan dan bisa menerapkan standar keamanan. Anda juga dapat menginstal sistem perlindungan data. Mengingat perhatian yang diberikan pada keamanan online, pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

Gaji yang dapat Anda peroleh berikisar diangka Rp 250.000.000 hingga Rp 550.000.000 dalam setahun. Atau Anda juga bisa mendapatkan gaji tambahan saat memberikan layanan ekstra kepada perusahaan yang diserang oleh hacker.

Penerjemah

Menurut laporan Kementrian Ketenagakerjaan RI, sebagian besar penerjemah bekerja dari rumah dan seringkali menyelesaikan pekerjaan mereka dalam tenggat waktu yang ketat. Meskipun beberapa membutuhkan gelar sarjana, persyaratan terpenting bagi penerjemah tentu saja menguasai setidaknya dua bahasa.

Kemnaker mencatat bahwa pada tahun 2018, sekitar 22% penerjemah adalah pekerja lepas. Mayoritas didistribusikan di industri berikut: layanan profesional, ilmiah dan teknis (33%); layanan pendidikan negara bagian, lokal dan swasta (18%); rumah sakit (8%); dan pemerintah (8%).

Gaji rata-rata nasional untuk pekerjaan ini adalah Rp 700.000.000 pada tahun 2018, meskipun pendapatan rata-rata 10% pekerja teratas adalah Rp 85.000.000. Cari lowongan pekerjaan untuk penerjemah di situs web seperti Upwork.com.

Pemberi Pinjaman Online

Jika Anda belum memiliki penghasilan yang cukup tinggi namun ingin menambah penghasilan, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda masih bisa menjadi pemberi pinjaman online dengan bunga yang menguntungkan.

Kini Anda bisa menjadi P2P lender dengan modal yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp100.000, Anda sudah bisa menjadi pemberi pinjaman online. Proses yang diperlukan untuk menjadi pemberi pinjaman online sangat sederhana dan praktis. Anda tidak perlu mengunjungi perusahaan pinjaman online untuk menjadi pemberi pinjaman. Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone yang dapat terhubung ke Internet.

Dengan cara ini, Anda bisa menjadi pemberi pinjaman di situs web pinjaman P2P atau aplikasi online. Selain itu, semua prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi dapat diselesaikan secara online. Mulai dari mengisi data diri hingga mengunggah foto identitas dan dokumen pelengkap lainnya.

Pengembang Web

Jika Anda memanfaatkan banyak kesempatan belajar online gratis, membuat situs web Anda sendiri itu mudah. Namun, banyak orang tidak memiliki kemampuan untuk membangun situs web mereka sendiri atau tidak punya waktu, itulah sebabnya begitu banyak orang membangun situs web dan blog untuk mencari nafkah bagi orang lain.

Menurut data dari Kementrian Ketenagakerjaan RI, pada tahun 2018, sekitar 16% pengembang web adalah wiraswasta, dan sebagian besar orang dapat bekerja di rumah atau di mana saja menggunakan laptop dan koneksi internet yang cepat.

Lebih baik lagi, gaji rata-rata pengembang web nasional pada tahun 2018 adalah Rp 620.000.000, dan gaji rata-rata 10 besar lebih dari 1 Milyar Rupiah. Dan Anda biasanya tidak memerlukan gelar yang lebih tinggi untuk mulai bekerja di bidang ini. Yang Anda butuhkan hanyalah pendidikan tinggi, pengalaman yang dapat diterapkan, dan kombinasi situs web sukses yang telah Anda buat dan kelola. Bahkan ada kamp pelatihan coding intensif yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan coding hanya dalam beberapa bulan.

Realtor

Profesi real estat dapat dikaitkan dengan aspek keuangan industri melalui perantara hipotek, pemrosesan pinjaman, penjaminan emisi, analisis kredit, manajemen penyitaan, pembiayaan pinjaman, dan investasi. Selain penjualan broker perumahan dan komersial, ada juga beberapa pekerjaan bergaji tinggi di asuransi, penilaian, hak asuh, manajemen properti, dan hukum.

Guru Online

Ilmu itu mahal harganya. Ungkapan yang sangat tepat untuk orang yang cerdas. Jika kamu punya keahlian atau ilmu di bidang tertentu maka jangan ragu untuk menjadi guru. Ada banyak platform seperti Ruangguru.com yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Kamu pintar matematika? Atau jago bahasa inggris? Disinilah tempatnya!

Bagian terbaik tentang posisi mengajar online adalah Anda tidak hanya dapat dibayar untuk berbicara bahasa Inggris, tetapi Anda juga dapat menemukan peluang mengajar bahasa Inggris secara online tanpa pengalaman. Jika Anda ingin dibayar untuk berbicara bahasa Inggris saat bepergian, pelajari lebih lanjut tentang cara mengajar online dengan bayaran tertinggi yang dapat dilakukan di laptop Anda dari mana saja di dunia.

Agen Perjalanan

Meskipun permintaan diperkirakan akan menurun dalam sepuluh tahun ke depan, agen perjalanan masih memiliki kesempatan untuk menggunakan Internet untuk menarik pelanggan dan membantu mereka merencanakan petualangan mereka.

Menurut Kementrian Ketenagakerjaan RI, agen perjalanan yang menawarkan pengalaman, perjalanan terencana atau pengalaman petualangan, atau mengkhususkan diri dalam perjalanan kelompok di bagian dunia tertentu mungkin memiliki prospek pekerjaan terbaik.
Pada tahun 2018, sekitar 11% agen perjalanan adalah wiraswasta, tetapi sebagian besar sisanya bekerja di industri pemesanan perjalanan dan layanan organisasi. Gaji rata-rata nasional agen perjalanan pada tahun 2018 adalah Rp150.000.000.

Penulis Lepas

Lebih dari sebelumnya, penulis dibutuhkan untuk menulis artikel berita, membuat konten, dan menghasilkan ide yang memenuhi halaman hampir setiap situs di Internet. Meskipun banyak situs web besar memiliki penulis internal, semakin banyak situs web mengalihdayakan konten mereka dan mempekerjakan penulis lepas dan pembuat konten.

Pengalaman menulis akan berguna, tetapi yang benar-benar Anda butuhkan untuk memulai adalah motivasi, ambisi, dan kemampuan untuk menemukan perspektif unik dari apa yang terjadi setiap hari. Situs web seperti:

Upwork.com mencantumkan pekerjaan lepas online, seperti halnya Freelancer.com dan Media Bistro. Untuk dipekerjakan, Anda mungkin memerlukan portofolio pekerjaan yang solid, atau setidaknya beberapa contoh tulisan yang dapat dimasukkan dalam resume Anda.

Meskipun biaya menulis bervariasi menurut pekerjaan dan pekerja lepas, banyak penulis mendapatkan setidaknya Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 per artikel, dan beberapa dapat menghasilkan hingga Rp 20.000.000 jika sesi jejak pendapat. Kementrian Ketenagakerjaan RI mencatat bahwa gaji rata-rata nasional untuk penulis pada tahun 2018 adalah Rp 450.000.000, meskipun 10% pekerja teratas dapat memperoleh sekitar Rp 700.000.000.

Manajer Media Sosial

Hampir semua perusahaan besar telah mengikuti tren media sosial sebagai cara untuk menjangkau pelanggan secara langsung tanpa membayar biaya tinggi untuk iklan televisi, cetak, atau radio. Tetapi tidak semua perusahaan besar memiliki seseorang untuk mengelola akun media sosial mereka, itulah sebabnya semakin banyak orang mulai mempromosikan diri mereka sebagai manajer media sosial dan membantu bisnis menumbuhkan penggemar online mereka dan memperluas pengaruh mereka.

Meskipun data kerja dari rumah ini jarang terjadi karena tergolong baru, ribuan daftar pengelola media sosial dapat ditemukan di situs seperti CareerBuilder.com, SimplyHired.com, dan Upwork.com. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang media sosial dan memiliki banyak pengikut, Anda bahkan dapat menghubungi perusahaan secara langsung dan menanyakan apakah mereka memerlukan bantuan untuk memulai. Menurut data dari Glassdoor, manajer media sosial rata-rata Rp 650.000.000 per tahun.

Entri Data

Berbagai macam perusahaan mengharuskan karyawan untuk memasukkan berbagai data ke dalam sistem mereka, apakah data tersebut digunakan untuk melacak inventaris atau pengiriman, membuat rencana bisnis, atau mengukur kinerja atau produksi. Karena komputer dan keterampilan mengetik adalah persyaratan terpenting untuk pekerjaan ini, banyak pekerja entri data dapat bekerja dari rumah dan jam kerja yang sesuai dengan kehidupan mereka.

Menurut data dari Kementrian Ketenagakerjaan RI, gaji rata-rata nasional untuk staf entri data pada tahun 2018 adalah Rp 250.000.000, meskipun gaji rata-rata untuk 10 karyawan teratas adalah Rp 450.000.000. Karena banyak pekerjaan entri data bekerja dari rumah, Anda selalu dapat menemukan lusinan pekerjaan entri data di situs web seperti Upwork.com, Freelancer.com, SimplyHired.com, dan puluhan situs lainnya.

Call Center

Banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat menjawab panggilan, membantu pelanggan, memproses pesanan, atau mengelola pengembalian kapan saja. Namun, karena semakin banyak perusahaan yang beroperasi secara online, semakin banyak jenis pekerjaan ini akan diserahkan kepada staf layanan pelanggan yang bekerja dari rumah.

Sebagai perwakilan pusat panggilan rumah memerlukan komputer dan mungkin memerlukan perangkat lunak atau peralatan khusus. Suara telepon yang sangat baik juga membantu, seperti halnya layanan pelanggan, entri data, pengalaman ritel atau manajemen.

Lusinan situs web mencantumkan lowongan pekerjaan untuk perwakilan call center, termasuk Upwork.com, Freelancer.com, dan SimplyHired.com. Namun, Anda juga dapat menemukan daftar yang disediakan oleh bisnis lokal di surat kabar lokal.

Meskipun sulit untuk menemukan gaji pasti dari perwakilan call center yang bekerja dari rumah, Kementrian Ketenagakerjaan RI mengatakan bahwa gaji pokok para pekerja ini biasanya sekitar Rp 150.000.000 per tahun.

Youtuber

Masih banyak skeptis di dunia ini yang tidak percaya bahwa menghasilkan uang secara online itu mungkin. Faktanya, ada banyak kasus sukses menjadi kaya secara online. YouTube hanyalah salah satu dari banyak cara Anda bisa menjadi selebriti internet. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menjadi jutawan internet.

Tentu saja, lebih mudah untuk menghasilkan uang di Youtuber. Beberapa niche bahkan lebih populer daripada di niche lain, jadi jika Anda ingin mencari nafkah dari pendapatan saluran suatu hari, mungkin akan membantu jika Anda membuat saluran berdasarkan topik yang diminati orang.

Kalau dilihat secara visual, mungkin yang pasar yang paling banyak diminati dan berisi channel sukses adalah game. Rata-rata youtuber game dapat menghasilkan lebih dari 2 Milyar Rupiah untuk setiap tahunnya.

Blogger

Menjadi seorang blogger berbeda dengan pekerjaan lain di rumah, Anda harus memperkenalkan diri dan membangunnya sendiri. Lebih buruk lagi, sebagian besar blogger tidak memiliki pendapatan selama bertahun-tahun dalam proses tumbuh dan membangun diri mereka sendiri. Dalam pengertian ini, blogging bukanlah pekerjaan sama sekali.

Namun, ada potensi besar bagi mereka untuk membangun audiens, mengembangkan situs web, dan menemukan penulis yang dapat memonetisasinya dan mulai menghasilkan pendapatan. Beberapa cara blogger menghasilkan uang termasuk iklan afiliasi, posting sponsor, Google Adsense, dan penjualan produk.

Menurut data dari Glassdoor, gaji tahunan seorang blogger terkenal adalah Rp 450.000.000. Lebih baik lagi, blogging bisa menjadi cara yang murah untuk memulai bisnis dengan biaya nama domain rata-rata Rp 140.000 per tahun, sementara web hosting hanya Rp 50.000 per bulan.

Sangat menghasilkan, bahkan IDKurir sudah membuktikannya!