IDKurir.web.id – Semua orang pasti merasa jengkel jika laptop yang mereka miliki mulai terinfeksi virus. Selain menggaggu, keberadaan virus dan malware terkadang membuat laptop kita menjadi lag alias hang. Tak hanya itu, virus juga bisa merusak file penting yang kita miliki. Jika sudah begitu, tentu saja produktifitas kita menjadi terganggu.

Saat ini, ada lebih dari 10 jenis virus komputer yang bertebaran di dunia internet. Seperti virus Trojan, Worm, FAT Virus, Directory Virus, Overwrite Virus, Direct Action Virus dan masih banyak lagi. Semua virus ini, tentu sangat merugikan dan butuh waktu ekstra untuk menanganinya.

Namun tak perlu cemas karena saya ada untuk itu!

Khusus kali ini, saya akan menuliskan artikel tentang bagaimana cara mudah menghapus virus browser yang berjenis redirect bisa kamu jumpai di Chrome, Mozilla atau Microsoft Edge.

Apa Itu Virus Browser Redirect?

Virus Browser Redirect adalah satu jenis malware atau virus yang meredirect halaman utama browser Anda. Cara kerjanya yakni dengan memodifikasi halaman utama browser layaknya Google Chrome dan mematenkan pengaturan browser yang anda miliki. Biasanya virus ini hanya menyerang browser Google Chrome, namun belakangan ini Mozilla Firefox dan Microsoft Edge ikut terkena dampaknya.

Virus browser ini bekerja dengan cara mengalihkan mesin penelusuran Google.com dan mengumpulkan traffik lalu menjualnya kepada pihak ketiga. Saat ini, serangan yang diberikan oleh virus ini terbagi menjadi 2 yakni Serangan  Ringan dan Serangan Berat.

Untuk serangan ringan, virus ini biasanya masih mudah untuk ditangani oleh orang awam sekalipun. Serangan ini biasanya ditandai dengan ditinggalkannya program virus browser berupa aplikasi baru atau ekstensi browser yang sangat mudah untuk di uninstall.

Untuk serangan berat, virus ini tidak meninggalkan jejak apapun. Bahkan settingan alat penelusuran pada browser yang mestinya bisa diubah mendadak jadi terkunci. Dibutuhkan pengetahuan lebih dan artikel lengkap, seperti artikel ini untuk memecahkan masalah itu. Jadi kamu wajib baca sampai selesai ya!

Bagaimana Cara Virus Browser ini Menginfeksi Komputer Anda?

Virus Browser yang hadir dalam bentuk ekstensi browser dan program aplikasi ini biasanya masuk ke komputer anda melalui aktifitas internet. Pembajak biasanya dengan sengaja membungkus virus ini bersamaan dengan program aplikasi ilegal yang anda unduh dari internet.

Baca Juga

Saking handalnya, penyebaran virus ini biasanya bisa dilakukan tanpa perijinan pemasangan dari sang administrator komputer. Sayangnya, beragam software antivirus terkenal seperti Smadav, Windows Defender, Avira, AVG, dan Avast belum mampu mendeteksi keberadaan virus browser ini.

Cara Menghapus Virus Redirect Pada Browser Anda Menggunakan CMD

Cara Menghapus Virus Browser Redirect

Kabar baiknya, saya telah menemukan tutorial paling ampuh tentang bagaimana cara menghapus virus browser pada laptop anda. Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk itu silakan ikuti tutorial yang ada di bawah ini ya.

1. Silakan cari Command Prompt (CMD) lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.
2. Selanjutnya, silakan masukan semua script yang ada dibawah ini:

rd /S /Q “%WinDir%\System32\GroupPolicyUsers”

3. Lalu tekan Enter untuk melanjutkan.
4. Langkah selanjutnya, silakan masukan kembali script yang ada di bawah ini:

rd /S /Q “%WinDir%\System32\GroupPolicy”

5. Lalu tekan Enter untuk melanjutkan.
6. Dan dilangkah terakhir, silakan salin script yang ada di bawah :

gpupdate /force

7. Lalu tekan tombol Enter untuk menyelesaikannya
8. Setelah selesai, silakan matikan dan hidupkan kembali komputer atau laptop anda

Nah seperti itulah Cara Menghapus Virus Redirect ChromeSearch.win pada browser anda. Oh iya, perlu diketahui bahwa cara ini sudah terbukti ampuh pada beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox ataupun Internet Explorer. Untuk itu, jangan khawatir untuk mencoba ya!

Last Update : 27 Juni 2019
+ Penambahasan script untuk metode CMD
+ Perbaikan gambar
+ Perbaikan artikel