IDKurir.web.id – Cara mengatasi masalah micro sd tidak bisa diformat akibat adanya peringatan windows was unable to complete the format. Lengkap dengan alasan mengapa hal ini bisa terjadi pada kartu memori kamu.

Sebagai salah satu media penyimpanan yang cukup populer, micro SD memang menjadi pilihan yang cukup baik mengingat ukurannya yang cukup kecil namun bisa memiliki kapasitas sangat besar. Sayangnya, beberapa kali kartu memori yang saya miliki mengalami error disertai dengan peringatan:

Windows was unable to complete the format

Awalnya ini membuat saya khawatir, takut bahwa micro sd yang saya punya telah rusak. Namun ternyata tidak. Masalah ini seringkali disebabkan oleh berbagai hal, umumnya adalah aktivitas pengguna, kerusakan hardware atau karena terjangkit virus.

Nah kebetulan saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mengatasi micro sd yang tidak bisa di format. Seperti apakah caranya? Silakan simak tutorial yang ada di bawah ini.

3 Cara Mengatasi Micro SD Tidak Bisa Diformat

Jika peringatan windows was unable to complete the format muncul dan mengakibatkan error pada perangkat kamu, silakan coba tiga cara yang ada di bawah ini. Ketiganya sudah saya coba dan terbukti berhasil di laptop saya.

Format dengan Windows Disk Management

1. Pastikan Micro SD terhubung dengan laptop atau pc kamu.
2. Klik kanan pada ikon My Computer yang ada di dekstop.
3. Pilih Manage.
4. Klik opsi Disk Management untuk membuka Windows Disk Management.
5. Akan tampil berbagai perangkat yang terhubung dengan laptop kamu. Pilih salah satu (micro SD) dan klik kanan lalu Format.

Format Micro SD

Jika memory card masih berfungsi dengan baik, maka sistem akan langsung memformat micro SD tersebut. Namun jika kamu masih mengalami kegagalan, silakan coba cara berikutnya.

Menggunakan Disk Manager

1. Untuk menjalankan fungsi RUN, silakan tekan tombol Windows dan R secara bersamaan.
2. Setelah itu, ketikan perintah diskmgmt.msc seperti gambar di bawah ini.

Masukan perintah Diskmgmt.msc

3. Lalu halaman Windows Disk Management akan otomatis terbuka.
4. Pilih partisi micro SD kamu, lalu klik kanan dan pilih Format.

Jika tombol format tidak bisa digunakan, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di bawah ini. Cara menggunakannya juga cukup sederhana, silakan simak langkah-langkahnya dengan baik.

Format dengan EaseUS Partition Tool

1. Silakan download terlebih dahulu EaseUS Partition Tool nya disini.
2. Setelah di download, silakan instal seperti biasanya.
3. Buka aplikasi EaseUS.
4. Akan tampil berbagai perangkat penyimpanan yang terhubung dengan laptop kamu.
5. Klik kanan pada perangkat micro SD dan pilih Format.

Pilih Format

6. Pada File System sialakn pilih NTFS.

Pilih NTFS

7. Klik OK.
8. Kemudian klik Execute Operation lalu pilih Apply.

Lalu Apply

Demikian cara mengatasi masalah micro sd yang tidak bisa diformat akibat adanya peringatan windows was unable to complete the format pada laptop kita. Semoga tutorial ini berhasil dan bermanfaat untuk pembaca.

Baca Juga