Munculnya notifikasi kuota habis saat sedang asyik menonton video youtube adalah salah satu hal menyebalkan yang pernah saya alami. Saya yakin, tidak hanya saya yang merasa kesal akan kejadian ini, Anda yang sedang membaca artikel ini pun merasa demikian.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kebijkan dari operator simcard Anda, hanya saja Anda kurang menyadari bahwa beberapa aktifitas yang Anda lakukan memang boros kuota.

Selain kemunculan iklan dan fitur autoplay video yang bisa menghabiskan banyak kuota, beberapa aplikasi android memang membutuhkan banyak data agar dapat digunakan sesuai fungsinya.

Lalu apa sajakah daftar aplikasi boros kuota yang sebaiknya Anda pilih agar tidak merugi? Yuk simak daftar beserta ulasan yang ada di bawah ini.

No Nama Aplikasi
1Instagram
2Facebook
3Twitter
4Youtube
5Spotify

Aplikasi Paling Boros Kuota

1. Instagram

Aplikasi InstagramUdah gak heran kalau Instagram sering di cap sebagai aplikasi paling boros kuota, berbeda dengan media sosial lainnya yang masih berbasis text, timeline Instagram lebih dominan dengan gambar maupun video.

Jadi jangan heran, kalau Anda masih sering membuka apllikasi Instagram untuk stalking mantan otomatis kuota data akan habis dalam waktu yang lebih cepat.

Khusus untuk Anda yang tidak gemar stalking namun sering bolak-balik membuka Intsgram untuk melihat jumlah follower, boleh nih baca artikel cara mengetahui orang yang unfollow instagram kita yang telah kami rangkum sebelumnya.

2. Facebook

Aplikasi Facebook

Siapa sih yang tidak suka bermain facebook?

Saya yakin Anda pasti gemar membuka sosial media yang satu ini kan? Walaupun sebagian besar penggunaan facebook masih berbasis teks, namun jangka waktu orang menggunakan aplikasi ini tergolong lebih lama. Hal ini dapat memicu pengunaan data yang berlebihan.

Apalagi jika kita mengaktifkan fitur autoplay yang memungkinkan pengguna untuk menyetel video secara otomotis. Pastinya jumlah data akan terkuras lebih banyak bahkan sampai habis. Cara untuk mengatasinya sangat mudah, kamu bisa mematikan autoplay video facebook melalui artikel yang pernah kami buat sebelumnya.

Selain menggunakan cara tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas free facebook yang biasa diberikan oleh beberapa operator seperti Indosat Ooredoo. Selain lebih cepat, tetunya kamu bisa mengakses facebook secara gratis.

3. Twitter

Aplikasi Twitter

Aplikasi boros kuota selanjutnya adalah Twitter. Aplikasi yang dipenuhi ribuan kicauan setiap menitnya ini adalah aplikasi pemakan kuota terbanyak nomor tiga versi ID Kurir.

Aplikasi yang memiliki banyak pengguna dari Indonesia ini memang kerap kali menjadi kiblat untuk Anda yang ingin tetap terlihat up to date. Namun sama seperti aplikasi Facebook, Twitter juga memberikan fitur autolplay video yang bisa menghabiskan kuota Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menekan tombol Setting > Data lalu pilih autoplay hanya saat tersambung dengan wifi. Beres deh!

4. Youtube

Aplikasi Youtube

Saya yakin semua orang akan setuju bila Youtube dinominasikan sebagai aplikasi paling boros kuota tahun 2018.

Menonton youtube itu bisa membuat penonton jadi kecanduan karena saking banyak video keren yang ada di dalamnya. Satu dua tiga video ditonton dan ketika kuota sudah habis, barulah rasa menyesal akan datang dengan sendirinya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur Tonton Offline yang dijamin akan menghemat penggunaan kuota dari hal-hal yang tidak berguna. Atau jika kamu ingin mengunduhnya, kamu bisa membaca artikel cara download video youtube di android yang telah kami buat sebelumnya.

5. Spotify

Spotify Aplikasi Boros Kuota

Untuk kamu penggila lagu dari seluruh penjuru dunia, aplikasi Spotify mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Bermodalkan kuota data dan akses jaringan wifi, kamu bisa menikmati jutaan lagu yang ada pada aplikasi tersebut.

Alih-alih ingin mendengarkan berbagai lagu terbaru lewat Spotify, ternyata kuota yang kamu miliki malah tersedot hingga habis. Sungguh mengenaskan!

Untuk mencegah pemborosan kuota pada aplikasi ini sebenarnya cukup mudah. Yakni kamu bisa mendownload lagu tersebut dan memutarnya secara offline.

Dan itulah daftar 5 aplikasi android boros kuota yang berhasil kami rangkum untuk Anda baca. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here